Siapa Bilang Cuma Model yang Bisa Bikin "Selfie" Cantik?

Kompas.com - 29/10/2016, 08:07 WIB
Ilustrasi selfie. IstIlustrasi selfie.
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KOMPAS.com- Unggahan foto selfie dalam akun media sosial para model wanita kerap memperlihatkan kecantikan yang umum dipahami masyarakat. Dalam foto mereka, misalnya, bulu mata terlihat lentik, kulit wajah bersih, dan tulang rahang tampak tirus.

Asal tahu caranya, sebenarnya menghasilkan foto selfie seperti para model itu tidaklah terlalu sulit. Berikut ini sejumlah tips yang telah dirangkum Kompas.com berdasarkan pengalaman model-model internasional:

Pencahayaan

Cahaya menjadi salah satu faktor penting untuk menghasilkan foto cantik bak model. Pencahayaan bisa berasal dari alam atau alat bantu. Cahaya dari alam misalnya sinar matahari atau bulan, sedangkan alat bantu bisa berupa lampu atau flash—lampu kilat.

Model asal Perancis, Constance Jablonski, adalah salah satu model yang menegaskan pentingnya cahaya saat selfie. Menurut Jablonski, pencahayaan dapat membuat foto yang sama terlihat berbeda. Misal, kulit wajah yang agak terlihat pucat menjadi tampak cerah saat sudah mendapat bantuan sinar.

Arah datangnya cahaya, ucap Jablonski, juga bisa menentukan suasana foto selfie. Jika ingin memberi kesan moody atau agak murung, misalnya, berdiri membelakangi cahaya dapat dicoba. Cahaya dari arah ini akan membentuk bayangan di wajah yang memperlihatkan kesan moody.
 
“Saya pribadi lebih menyukai cahaya yang berasal dari sisi depan ketika selfie. Cahaya depan dapat membuat mata berkilau. Kulit wajah pun terlihat bebas noda,” lanjut Jablonski seperti dikutip elle.com, Rabu (22/10/2016).

Selanjutnya, selfie pada malam hari atau di dalam ruangan kurang terang dapat menggunakan bantuan cahaya dari alat bantu. Teknik ini pernah dilakukan model Victoria’s Secret—merek pakaian dalam—Alessandra Ambrosio.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

DAILY MAIL Hasil selfie Alessandra Ambrosio

Dalam selfie-nya, Ambrosio pernah terlihat sedang memegang lampu ketika berada dalam ruang rias. Efek dari cahaya tersebut membuat riasan wajahnya terlihat jelas.

Angle dan edit

Setelah mendapat pencahayaan cukup, hal lain yang perlu diperhatikan adalah angle atau sudut pengambilan gambar. Kendall Jenner—model asal Amerika Serikat (AS), merupakan salah satu figur yang selalu memperhatikan angle ketika selfie.
 
Menurut Jenner, seperti dikutip usmagazine.com pada Selasa (9/2/2016), setiap orang pasti memiliki angle tertentu yang membuatnya terlihat menarik di foto. Karena itu, mengenal karakter wajah dengan baik wajib dilakukan agar hasil selfie lebih maksimal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.