Smartphone Google Pixel Dikeluhkan Rekam "Flare" Siluman

Kompas.com - 31/10/2016, 13:11 WIB
Tampak belakang Android Google Pixel warna hitam dengan aksen kaca di belakangnya. Arstechnica.comTampak belakang Android Google Pixel warna hitam dengan aksen kaca di belakangnya.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna ponsel Google Pixel dan Pixel XL mengeluh masalah flare "siluman" atau berkas cahaya yang sebenarnya tidak ada tetapi muncul di foto. Akibatnya  hasil jepretan cenderung rusak kontrasnya.

Keluhan tersebut menyebar dengan cepat di berbagai forum diskusi internet, salah satunya Reddit. Para pengguna khawatir masalah flare ini merupakan suatu cacat hardware yang tidak bisa diperbaiki.

Untuk diketahui, flare biasanya muncul saat pengguna memotret dengan menghadap sumber cahaya yang sangat terang. Namun pada kasus Google Pixel dan Pixel XL ini, flare terjadi tanpa adanya sumber cahaya yang memancar terang.

Droid Life contoh hasil jepretan Google Pixel yang mengandung flare
Namun Google langsung tanggap. Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Droid Life, Senin (31/10/2016), raksasa internet itu mengatakan tengah menyiapkan perbaikan dari sisi software, untuk mengatasi masalah flare.

Perbaikan tersebut rencananya akan dirilis dalam beberapa pekan mendatang, tanpa menjelaskan tanggal persisnya.

“Kami sedang mengerjakan sejumlah algoritma yang dapat mengenali masalah halo atau flare, memperhitungkan karakternya dan menghapusnya dari dalam foto. Anda perlu menggunakan mode HDR+ untuk bisa menikmati kelebihan software ini,” tulis Lead Camera Google, Isaac Reynolds dalam sebuah thread di forum Pixel User Community.

Isaac juga menyebutkan bahwa flare merupakan hal yang wajar terjadi di berbagai lensa kamera, dengan berbagai ukuran dan bentuk berbeda. Tak semuanya negatif, karena toh ada saja yang memanfaatkan flare sebagai efek kreatif dalam gambar.

Bos proyek camera Google itu juga menyebutkan bahwa struktur lensa pada semua Google Pixel diatur dengan ketat. Efeknya, kamera ponsel itu bisa menghasilkan foto yang bagus, namun di sisi lain, ketika semuanya juga berbagi karakteristik masalah yang sama. Artinya, flare juga bisa terjadi di duo Pixel mana pun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Droid Life
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X