Kompas.com - 01/11/2016, 13:05 WIB
Ilustrasi GeekInsider.comIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Google terus berusaha meningkatkan kinerja peramban Chrome besutannya. Salah satu upaya terakhir adalah penerapan optimalisasi baru yang diklaim meningkatkan kecepatan browser itu sebesar 15 persen.

Optimalisasi baru yang dimaksud adalah teknologi Profile Guided Optimization (PGO) dari Microsoft. PGO sudah mulai diterapkan pada Chrome Release 53 (64-bit) dan versi 54 (32-bit) di komputer desktop atau laptop berbasis Windows.

Rinciannya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (1/11/2016), pada dua versi tersebut, waktu startup jadi lebih cepat atau ngebut 17 persen dibanding sebelumnya. Sementara itu, waktu loading laman baru (new tab) dan rata-rata load time masing-masing meningkat 15 persen dan 6 persen.

PGO adalah fitur Microsoft Visual Studio yang mengukur interaksi pengguna dengan aplikasi. Data dari pengukuran ini lantas digunakan untuk kompilasi ulang aplikasi dengan fokus pada fungsi yang paling sering digunakan.

“Chrome adalah proyek software besar dengan lebih dari sejuta fungsi di dalam source code,” ujar Software Engineer Google Sebastien Marchand.

“Tak semua fungsi itu setara. Beberapa ada yang sering dipakai, lainnya jarang. PGO memakai data dari eksekusi runtime yang melacak fungsi apa yang sering digunakan dalam memandu optimalisasi,” imbuh dia.

Salah satu teknik optimalisasi yang dipakai PGO adalah menyimpan fungsi-fungsi yang sering dipakai di dalam memori instruction cache CPU agar bisa dipanggil dengan cepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.