Google Perangi Rating Palsu di Play Store dengan Cara Ini

Kompas.com - 02/11/2016, 06:26 WIB
Tangga peringkat permainan gratis terfavorit di toko aplikasi Google Play Store Indonesia Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comTangga peringkat permainan gratis terfavorit di toko aplikasi Google Play Store Indonesia
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Google menambahkan kemampuan baru dalam sistem penyaringan di toko aplikasinya, Play Store untuk memerangi rating palsu. Mereka kini bisa mendeteksi tool pembuat statistik palsu yang ditanam di berbagai aplikasi atau game.

Statistik palsu ini biasanya berupa jumlah download, rating, hingga review yang disematkan pada tiap aplikasi. Statistik palsu tersebut disematkan oleh pengembang aplikasi menggunakan alat tertentu, dengan tujuan memikat pengguna untuk memasangnya.

Kendati terkesan sepele, sebenarnya ini merupakan hal berbahaya. Sebab bisa saja pengembang aplikasi nakal memasukkan game atau aplikasi lain yang sudah disusupi malware, lalu memanipulasinya agar mendapat rating positif.

Pengguna Play Store yang melihat review positif atau jumlah unduhan yang banyak dengan rating tinggi, bisa saja tertipu dan memasang aplikasi tersebut, sehingga menjadi korban serangan malware.

Melihat adanya masalah seperti ini, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Android Police, Rabu (2/11/2016), Google langsung memasang sistem yang bisa mengenali statistik palsu tersebut.

Cara kerjanya, bila menemukan game atau aplikasi yang menggunakan alat bantu untuk membuat statistik palsu, maka Google Play Store akan langsung menandainya.

Namun akun pengembang dan aplikasinya tidak langsung diblokir. Penanda itu hanya mencegah alat pemalsu statistik bekerja, sehingga aplikasi atau game yang dipasangi tidak mendapat manfaat apa pun.

Jika pengembang aplikasi tersebut nekat untuk terus menjajal alat pemalsu statistik itu, maka Google akan menghapus aplikasi yang dimaksud.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.