Kompas.com - 02/11/2016, 11:13 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Nintendo dikabarkan bakal menghentikan produksi konsol Wii U pada pekan ini. Nintendo Wii U produksi terakhir akan keluar dari fasilitas Nintendo di Jepang pada Jumat (4/11/2016) mendatang.

Kabar ini didapat oleh Eurogamer dari berbagai sumber yang telah memberikan konfirmasinya. Dikutip KompasTekno, Rabu (2/11/2016), tenggat waktu untuk pemesanan Nintendo Wii U telah berakhir pada Selasa (1/11/2016) lalu.

"Hanya sebagian kecil pesanan yang harus dipenuhi," ujar sumber yang tidak mau disebut namanya itu.

Nintendo tidak mau memberikan tanggapannya tentang rumor penghentian produksi Nintendo Wii U ini.

Nintendo Wii U pertama kali dirilis pada November 2012. Data terakhir penjualan Nintendo Wii U per akhir September lalu mencapai 13,36 juta unit.

Sebagai perbandingan, konsol lain sekelasnya seperti GameCube terjual sebanyak 21 juta unit. Sementara kakaknya, Nintendo 64, terjual 32 juta unit dan Nintendo Wii sebanyak 101 juta unit.

Hingga akhir tahun fiskal yang berakhir pada 31 Maret 2017 mendatang, Nintendo hanya akan mengapalkan 800.000 unit Wii U ke pasar. Sebanyak 560.000 unit di antaranya telah selesai diproduksi pada akhir September lalu. Sisanya, sebanyak 240.000 unit akan dikebut hingga akhir minggu ini.

Nintendo selanjutnya akan mengganti Wii U dengan konsol terbarunya yang baru saja dikenalkan, yakni Nintendo Switch.

Konsol game "bongkar-pasang" ini rencananya akan dirilis pada 13 Januari mendatang. Rumor yang beredar, Nintendo Switch memiliki layar 6,2 inci resolusi 720p dengan fitur layar sentuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Eurogamer
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.