Kompas.com - 03/11/2016, 15:08 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sistem operasi iOS 10.2 digadang-gadang bakal membawa perubahan signifikan untuk perangkat Apple. Salah satunya adalah paket emoji baru berisi 72 butir yang diharapkan mampu membuat netizen lebih leluasa berekspresi.

Beberapa emoji menggemaskan yang menambah nuansa mengobrol maya meliputi bebek, serigala, alpukat, dan gorila. Ada juga gerakan baru seperti emoji mengangkat bahu (shrug) dan menempelkan tangan ke jidat atau biasa dikenal "tepuk jidat" (face palm).

Paket emoji itu sudah tersedia untuk versi preview mulai hari ini, sebagaimana dilaporkan Engadget dan dihimpun KompasTekno, Kamis (3/11/2016). Paket emoji iOS teranyar itu akan dipadankan dengan paket Emoji 4.0 yang diperkenalkan Unicode pada Agustus lalu.

Baca: 72 Emoji Baru Dirilis, Dari Badut Hingga Gorila

Emoji 4.0 menyediakan porsi lebih besar untuk emoji perempuan dengan atribusi pekerjaan tangguh. Hal ini untuk menjunjung kesetaraan antara kaum lelaki dan perempuan.

Preview paket emoji iOS 10.2 sendiri sudah bisa Anda lihat di tautan ini. Namun, versi itu baru merupakan versi developer dan belum ditetapkan sebagai bentuk final.

Artinya, masih ada kemungkinan perubahan desain emoji, pengurangan jumlah, atau bahkan penambahan dengan karakter yang lebih kaya. Apple belum mengumbar kapan iOS 10.2 akan meluncur secara komersil sehingga paket emoji baru juga bisa dinikmati pengguna iPhone.

Emojipedia memprediksi iOS 10.2 beserta paket emojinya sudah bisa dijajal bulan depan. Benar atau tidaknya kita tunggu saja. 

Baca: Tidak Ada Kondom di Daftar Emoji Terbaru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ENGADGET

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.