88 Persen "Smartphone" di Dunia Pakai Android

Kompas.com - 04/11/2016, 07:37 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Sebanyak 88 persen smartphone yang beredar di dunia saat ini menggunakan sistem operasi Android. Setidaknya begitu menurut hasil survei lembaga penelitian Strategy Analytics sepanjang kuartal ketiga 2016.

Pada periode yang sama tahun lalu, penetrasi Android masih 84 persen. Artinya, Android berhasil meraup pasar sistem operasi mobile lainnya semacam iOS, Windows Phone, dan BlackBerry.

Menurut Executive Director Strategy Analytics, Neil Mawston, posisi kuat Android tak lepas dari gencarnya para vendor merilis perangkat baru. Tiap tahun, rata-rata vendor ponsel Android meluncurkan setidaknya dua produk.

Selain itu, penurunan penjualan iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS juga menyumbang keuntungan bagi Android, sebagaimana dilaporkan BusinessWire dan dihimpun KompasTekno, Jumat (4/11/2016).

Menurut Strategy Analytics, pengguna iOS global pada kuartal ketiga 2016 tersisa 12 persen. Padahal, pada periode yang sama 2015 lalu, pangsa pasar iOS secara global masih menyentuh angka 13,6 persen.

Penurunan signifikan juga tampak pada sistem operasi lain (Windows Phone, BlackBerry, dan lain-lain) yang cuma mengumpulkan 0,3 persen penetrasi gabungan. Kuartal yang sama tahun lalu, gabungan itu berkontribusi 2,3 persen market share global.

"Kepemimpinan Android di industri smartphone sulit terkejar untuk saat ini. Layanan murah dengan antarmuka yang menarik menjadi daya pikat sistem operasi itu bagi vendor, operator, dan konsumen di seluruh dunia," kata Mawston. 

Selain memaparkan dominasi Android, Strategy Analytic juga mengungkap pertumbuhan penjualan smartphone yang semakin masif.

Pada kuartal ini, sebanyak 375,4 juta smartphone tersebar di seluruh dunia. Angka itu naik 6 persen dibandingkan kuartal ketiga 2015 yang sebesar 354,2 juta unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.