Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

#AksiDamai411 Teratas di "Trending Topic" Dunia

Kompas.com - 04/11/2016, 14:24 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan berjalannya aksi unjuk rasa di Jakarta pada Jumat (4/11/2016), tanda pagar #AksiDamai411 di Twitter pun menjadi trending topic teratas di Indonesia sekaligus tingkat dunia (Trending Topic World Wide).

Pantauan KompasTekno, pada pukul 14.20 WIB, tanda pagar tersebut sudah menduduki tren peringkat pertama di dunia.

Tagar tersebut merupakan kumpulan kicauan netizen di Twitter yang memberikan tanggapan terkait aksi unjuk rasa yang sedang berlangsung. Isinya mulai dari dukungan, kritik, hingga harapan agar aksi tetap berjalan damai.

“Menjadi pelajaran bagi semua pihak mengenai isu sara, semoga selalu damai saudara muslim ku dan smoga tidak hujan #AksiDamai411,” kicau akun Twitter atas nama Anggit Pandita (@anggitfauziah)

“Semoga #AksiDamai411 berjalan lancar dan santun. Tidak bertindak anarkis dan berlebihan, #DamaiDalamAksi,” kicau akun lain, atas nama Abenk Junot (@abenkjunot).

Hingga berita ini ditayangkan, jumlah kicauan dalam tagar #AksiDamai411 masih terus bertambah.

Diketahui, demo 4 November 2016 dilakukan untuk mendesak proses hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang dianggap menistakan agama.

Kapolri Tito Karnavian telah memerintahkan polisi yang bertugas untuk mengawal dan melindungi pengunjuk rasa agar demo berlangsung tertib dan damai.

Netizen juga diminta untuk bijak dalam membagi informasi dan menulis komentar terkait demo 4 November ini. Twitter Indonesia secara khusus menuliskan himbauan terkait penyebaran informasi di media sosial.

"Tweeps, harap berhati2 dlm menyebarkan informasi. Hanya sebarkan info yg sudah terkonfirmasi. Mari gunakan medsos dgn bijak," tulis akun resmi Twitter Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com