Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antivirus Tradisional Tak Sigap Perangi "Cyber Attack"

Kompas.com - 06/11/2016, 14:04 WIB

KOMPAS.com - Produk-produk antivirus tradisional dirasa tidak cukup sigap dalam mengimbangi serangan siber yang semakin canggih. Untuk itu, perusahaan keamanan internet, Palo Alto merilis Traps, advanced endpoint protection ke pasar Indonesia, Kamis (3/11/2016).

Software Traps dipersenjatai dengan beragam fungsionalitas, salah satunya adalah kapabilitas machine learning untuk menangkal unknown malware secara real-time.

Traps dengan segala fungsionalitasnya mendukung perusahaan memangkas kebutuhan untuk pengadaan produk-produk antivirus biasa untuk perlindungan endpoint, seperti laptop, server, maupun virtual desktop infrastructure (VDI) yang terdapat di lingkungan IT mereka.

“Banyak perusahaan yang sudah memasang produk keamanan maupun software agents pada sistem endpoint mereka. Kendati demikian, di sisi lain, upaya pembobolan keamanan dan serangan siber justru tercatat meningkat, baik dari sisi jumlah, varietas, maupun tingkat kecanggihannya," kata Wahab Yusoff, ASEAN Vice President and General Manager, Palo Alto Networks.

"Produk-produk antivirus tradisional dirasa tidak cukup sigap untuk mengimbanginya dan selalu gagal dalam menangkal ragam serangan seperti ini yang dibidikkan langsung ke endpoints,” imbuh Wahab dalam keterangan tertulisnya kepada KompasTekno, Minggu (6/11/2016).

Traps memadukan berlapis-lapis metode pendeteksian malware dan eksploit yang paling efektif yang dirancang secara khusus untuk menangkal setiap jenis ancaman keamanan, baik yang telah dikenali maupun yang masih asing, sebelum mereka sempat singgah dan menginfeksi endpoint.

Tidak hanya itu saja, Traps juga mampu menangkal dan mencegah segala jenis serangan canggih dan tersasar, bahkan jenis-jenis serangan baru yang sebelumnya belum pernah dilancarkan sekalipun. Keunggulan-keunggulan Traps tersebutlah yang menjadikannya sebagai solusi keamanan jitu untuk melindungi endpoint, tidak seperti produk-produk antivirus tradisional yang memiliki kemampuan pertahanan keamanan yang begitu terbatas.

Saat ini, Traps versi terbaru (v3.4) telah tersedia dan bisa diunduh melalui Palo Alto Networks Support Portal dan telah dilengkapi dengan pembaruan-pembaruan paling mutakhir, seperti  Static analysis via machine learning, Trusted publisher identification, Quarantine of malicious executables, dan Grayware classification.

Software Traps bisa diunduh melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com