Antivirus Tradisional Tak Sigap Perangi "Cyber Attack"

Kompas.com - 06/11/2016, 14:04 WIB
Wahab Yusoff, ASEAN Vice President and General Manager, Palo Alto Networks.

Dok.Wahab Yusoff, ASEAN Vice President and General Manager, Palo Alto Networks.
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Produk-produk antivirus tradisional dirasa tidak cukup sigap dalam mengimbangi serangan siber yang semakin canggih. Untuk itu, perusahaan keamanan internet, Palo Alto merilis Traps, advanced endpoint protection ke pasar Indonesia, Kamis (3/11/2016).

Software Traps dipersenjatai dengan beragam fungsionalitas, salah satunya adalah kapabilitas machine learning untuk menangkal unknown malware secara real-time.

Traps dengan segala fungsionalitasnya mendukung perusahaan memangkas kebutuhan untuk pengadaan produk-produk antivirus biasa untuk perlindungan endpoint, seperti laptop, server, maupun virtual desktop infrastructure (VDI) yang terdapat di lingkungan IT mereka.

“Banyak perusahaan yang sudah memasang produk keamanan maupun software agents pada sistem endpoint mereka. Kendati demikian, di sisi lain, upaya pembobolan keamanan dan serangan siber justru tercatat meningkat, baik dari sisi jumlah, varietas, maupun tingkat kecanggihannya," kata Wahab Yusoff, ASEAN Vice President and General Manager, Palo Alto Networks.

"Produk-produk antivirus tradisional dirasa tidak cukup sigap untuk mengimbanginya dan selalu gagal dalam menangkal ragam serangan seperti ini yang dibidikkan langsung ke endpoints,” imbuh Wahab dalam keterangan tertulisnya kepada KompasTekno, Minggu (6/11/2016).

Traps memadukan berlapis-lapis metode pendeteksian malware dan eksploit yang paling efektif yang dirancang secara khusus untuk menangkal setiap jenis ancaman keamanan, baik yang telah dikenali maupun yang masih asing, sebelum mereka sempat singgah dan menginfeksi endpoint.

Tidak hanya itu saja, Traps juga mampu menangkal dan mencegah segala jenis serangan canggih dan tersasar, bahkan jenis-jenis serangan baru yang sebelumnya belum pernah dilancarkan sekalipun. Keunggulan-keunggulan Traps tersebutlah yang menjadikannya sebagai solusi keamanan jitu untuk melindungi endpoint, tidak seperti produk-produk antivirus tradisional yang memiliki kemampuan pertahanan keamanan yang begitu terbatas.

Saat ini, Traps versi terbaru (v3.4) telah tersedia dan bisa diunduh melalui Palo Alto Networks Support Portal dan telah dilengkapi dengan pembaruan-pembaruan paling mutakhir, seperti  Static analysis via machine learning, Trusted publisher identification, Quarantine of malicious executables, dan Grayware classification.

Software Traps bisa diunduh melalui tautan berikut ini.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X