Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Bixby, Asisten Digital Pesaing Siri Hadir di Galaxy S8?

Kompas.com - 07/11/2016, 10:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Samsung dikabarkan bakal membekali smartphone flagship terbarunya, Galaxy S8, dengan asisten pribadi digital buatan sendiri. Aplikasi tersebut dikatakan akan menjadi pesaing dari Siri bikinan Apple, yang hadir di perangkat berbasis iOS.

Asisten pribadi digital yang dikembangkan Samsung kabarnya akan diberi nama Bixby. Hal itu terungkap sebagaimana dilaporkan Digital Trends dan dikutip KompasTekno, Senin (7/11/2016).

Menurut kabar tersebut, Samsung telah mendaftarkan nama "Bixby" di kantor dagang Korea Selatan pada Oktober lalu untuk mendapatkan patennya. Menurut Samsung, Bixby dideskripsikan sebagai software komputer untuk manajemen informasi personal.

Secara spesifik, Samsung menyebut Bixby sebagai aplikasi untuk smartphone, ponsel, komputer portabel, dan komputer tablet, yang dioperasikan dengan sistem pengenal suara. Bixby memungkinkan pengguna mengoperasikan gadget tanpa tangan (hands-free).

Deskripsi itu menyerupai asisten digital yang telah ada di platform lain, seperti Google Android, Apple iOS, dan Windows Phone.

Pada Oktober lalu Samsung telah mengakuisisi perusahaan pengembang artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan) bernama Viv. Perusahaan itulah yang juga mengembangkan Siri, asisten digital di platform iOS.

Baca: Samsung Caplok Pencipta Siri

Viv disebut Samsung memungkinkan pengembangnya membuat kerangka antarmuka berbasis bahasa di aplikasi dan layanannya. Misalnya menu yang dinavigasi dengan suara dan perintah-perintah yang telah ditentukan sebelumnya.

Menurut perkiraan, Galaxy S8 sendiri bakal dirilis Samsung pada periode Februari atau Maret 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com