Kompas.com - 07/11/2016, 10:05 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Samsung dikabarkan bakal membekali smartphone flagship terbarunya, Galaxy S8, dengan asisten pribadi digital buatan sendiri. Aplikasi tersebut dikatakan akan menjadi pesaing dari Siri bikinan Apple, yang hadir di perangkat berbasis iOS.

Asisten pribadi digital yang dikembangkan Samsung kabarnya akan diberi nama Bixby. Hal itu terungkap sebagaimana dilaporkan Digital Trends dan dikutip KompasTekno, Senin (7/11/2016).

Menurut kabar tersebut, Samsung telah mendaftarkan nama "Bixby" di kantor dagang Korea Selatan pada Oktober lalu untuk mendapatkan patennya. Menurut Samsung, Bixby dideskripsikan sebagai software komputer untuk manajemen informasi personal.

Secara spesifik, Samsung menyebut Bixby sebagai aplikasi untuk smartphone, ponsel, komputer portabel, dan komputer tablet, yang dioperasikan dengan sistem pengenal suara. Bixby memungkinkan pengguna mengoperasikan gadget tanpa tangan (hands-free).

Deskripsi itu menyerupai asisten digital yang telah ada di platform lain, seperti Google Android, Apple iOS, dan Windows Phone.

Pada Oktober lalu Samsung telah mengakuisisi perusahaan pengembang artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan) bernama Viv. Perusahaan itulah yang juga mengembangkan Siri, asisten digital di platform iOS.

Baca: Samsung Caplok Pencipta Siri

Viv disebut Samsung memungkinkan pengembangnya membuat kerangka antarmuka berbasis bahasa di aplikasi dan layanannya. Misalnya menu yang dinavigasi dengan suara dan perintah-perintah yang telah ditentukan sebelumnya.

Menurut perkiraan, Galaxy S8 sendiri bakal dirilis Samsung pada periode Februari atau Maret 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.