Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Kekuatan Internet, Pria Ini Temukan Kembali Mobil yang Hilang

Kompas.com - 08/11/2016, 15:45 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com — Media sosial acap kali digunakan untuk membuntuti kehidupan maya netizen, yang biasanya berkonotasi negatif. Namun, kali ini berkat Reddit dan Facebook, seorang netizen bisa menemukan kembali mobilnya yang hilang.

Cerita bermula ketika seorang pengguna forum online Reddit bernama theytookmahcurr memberi tahu netizen di forum online tersebut bahwa mobilnya dicuri. Ia berharap informasi itu tersebar dan memungkinkan mobilnya kembali.

"Tujuan posting ini adalah menanyakan apakah ada yang melihat Toyota 4Runner berwarna putih keluaran 2010 di sekitar kalian? Jaket kesayangan saya ada di dalamnya. Itu yang paling menyakitkan," kata dia pada posting yang diunggah ke Reddit, sebagaimana dilaporkan BusinessInsider dan dihimpun KompasTekno, Selasa (8/11/2016).

Dalam beberapa jam, seorang pengguna Reddit bernama u/sportytx membalas posting itu. Ia berhasil menghubungkan informasi yang ia peroleh dari theytookmahcurr dengan informasi di sebuah page Facebook komunitasnya.

Dua informasi itu sambung-menyambung. Alhasil, theytookmahcurr pada akhirnya bisa bersua kembali dengan mobilnya, terutama yang terpenting dengan jaket kesayangannya.
U/sportytx kemudian merunut kejadian lengkapnya sebagai berikut.

Pertama, seorang anggota komunitas di page Facebook yang diikuti u/sportytx mengunggah sebuah gambar mobil yang terparkir di suatu area. Selanjutnya, u/sportytx melihat posting Reddit dari theytookmahcurr.

U/sportytx kemudian mencocokkan kedua informasi tersebut. Ia mendapati bahwa dua netizen lintas platform itu sedang membicarakan sebuah mobil Toyota 4Runner berwarna putih. Akhirnya, ia bersedia memediasi dua netizen tersebut.

Setelah theytookmahcurr bertemu kembali dengan mobil dan jaket kesayangannya, ia segera membidik dan mengunggah foto mobil itu tepat di lokasi parkir yang diarahkan u/sportytx.

Pencuri yang memindahkan mobil tersebut telah kabur dan hingga sekarang belum ditemukan. Akhirnya kunci mobil harus dibobol, tetapi yang terpenting mobilnya tak hilang.

Mengetahui cerita itu, seorang pengguna Reddit bernama autobah menimpali dalam forum.

"Saya tahu kita semua kadang saling bully satu sama lain di dunia maya, tetapi saya sangat senang melihat kita bisa saling tolong lewat internet," ia menuturkan.

Untuk kesekian kalinya, internet membuktikan kekuatannya dalam menyebar informasi. Percakapan online selengkapnya soal mobil Toyota 4Runner yang hilang bisa disimak di tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com