Google Caplok Pembuat Emulator Android, untuk Apa?

Kompas.com - 08/11/2016, 16:41 WIB
Ilustrasi LeapDroid LeapDroidIlustrasi LeapDroid
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Juni lalu, LeapDroid pertama kali merilis software emulator Android buatannya ke publik. Emulator buatan LeapDroid adalah program yang memungkinkan aneka aplikasi Android berjalan di komputer berbasis Windows.

Selang beberapa bulan kemudian, perusahaan ini dicaplok oleh Google, sang pemilik sistem operasi Android, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Selasa (8/11/2016). Hal tersebut disampaikan lewat sebuah pengumuman di laman LeapDroid.

"Meskipun masih terlalu dini untuk berkomentar secara spesifik untuk rencana masa depan, kami menantikan kerja sama dengan para kolega baru di Google," sebut pendiri LeapDroid Huan Ren dan Huihong Luo.

Untuk apa Google mengakuisisi emulator Android? Beberapa pihak berspekulasi bahwa teknologi dimaksud bisa digunakan untuk menguji performa Android di luar "habitat" aslinya (non-native).

Ujung-ujungnya adalah perkawinan antara sistem operasi mobile Android dan sistem operasi desktop Chrome yang dimiliki oleh Google. Hal ini sudah lama diramalkan, namun belum juga terjadi.

Bersama dengan itu datang kabar buruk karena Ren dan Luo turut mengumumkan bahwa emulator LeapDroid tidak akan dikembangkan lebih lanjut.

"Namun, apabila Anda sudah memasang LeapDroid, Anda dapat terus menggunakannya. Silakan lihat bagian tanya jawab pengguna untuk keterangan lebih lanjut," imbuh Ren dan Luo. Belum diketahui seperti apa persisnya model akuisisi kedua perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.