Diperbarui, Snapchat Tambah Filter "Augmented Reality"

Kompas.com - 09/11/2016, 16:52 WIB
Snapchat SnapchatSnapchat
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Snap Inc baru saja menyalurkan update untuk aplikasi ephemeral messaging Snapchat besutannya. Snapchat versi 9.43 terbaru ini memboyong fitur anyar bernama World Lens.

Fungsi World Lenses mirip dengan Lenses sebelumnya, yakni menggunakan teknologi augmented reality (AR) untuk memodifikasi gambar tangkapan kamera ponsel dengan berbagai efek visual.

Bedanya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Police, Rabu (9/11/2016), World Lenses tak hanya mengenali wajah pengguna saja, namun juga mampu menambah aneka pernik visual di lingkungan sekitar yang muncul di layar ponsel lewat tangkapan kamera belakang.

Android Police Beberapa contoh filter World Lenses di Snapchat versi baru.
Pengguna, misalnya, bisa menambah overlay awan yang “memuntahkan” pelangi di langit, seperti dalam gambar di samping.

Tambahan fitur World Lenses sekaligus menandai pengembangan teknologi AR lebih lanjut oleh Snap.

Perusahaan yang bersiap melakukan pelepasan saham perdana ini kabarnya tengah mengembangkan teknologi pengenalan obyek agar bisa menyalurkan iklan lewat AR.

AR yang kadang disebut sebagai “Mixed Reality” juga digarap dengan serius oleh beberapa nama  besar di dunia teknologi seperti Apple dan Microsoft.

Selain World Lens, tambahan lain yang disematkan dalam Snapchat versi 9.43 termasuk fitur “press and hold” sebuah fitur snap  yang bisa digunakan untuk mengirim story pribadi maupun story pengguna lain ke ke teman.

Snapchat versi 9.43 sudah bisa diunduh di toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X