Kompas.com - 10/11/2016, 09:13 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple dikabarkan sedang membuat sebuah tombol SOS atau panggilan darurat untuk disematkan pada sistem operasi iOS versi terbaru. Apabila merasa sedang dalam keadaan berbahaya, pengguna cukup menekan tombol tersebut, kemudian iPhone akan langsung terhubung ke polisi.

Tombol SOS tersebut rencananya akan dimasukkan ke pembaruan iOS mendatang. Saat ini raksasa teknologi California itu dikabarkan sudah menunjukkan versi purwarupanya kepada developer.

Cara kerjanya, pengguna cukup menekan tombol power lima kali untuk memicu panggilan darurat. Selanjutnya, akan muncul hitungan singkat menuju dimulainya panggilan itu.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Mashable, Kamis (10/11/2016), tombol SOS ini rencananya dirilis untuk Amerika Serikat, Australia, Belgia, Brasil, China, Perancis, Hong Kong, India, Italia, Jepang, Rusia, Spanyol, dan Inggris. Belum diketahui apakah akan muncul di negara lain di luar daftar tersebut.

Selama ini, iPhone sebenarnya sudah memiliki fitur panggilan darurat. Namun panggilan ini dilakukan dengan cara menekan nomor telepon tertentu saat layar dalam keadaan terkunci.

Dengan menambahkan tombol darurat, maka pengguna bisa melakukan panggilan darurat dengan cara yang lebih mudah. Hal ini penting karena dalam kondisi tertentu, orang bisa saja kesulitan menekan nomor darurat dengan cara biasa.

Sementara waktu ini, tombol SOS hanya tersedia untuk para pengembang aplikasi yang memakai iOS 10.2 Beta 2. Tapi ada kemungkinan orang lain akan segera bisa mencobanya, yaitu saat Apple merilis iOS versi public beta dalam beberapa waktu mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.