Kompas.com - 11/11/2016, 09:11 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - WhatsApp mulai mengimplementasikan sistem otentikasi dua langkah alias two-factor verification. Tujuannya memperkuat keamanan dan membuat aplikasi tersebut semakin sulit untuk diretas.

Kemampuan ini baru bisa digunakan beberapa pengguna yang memakai WhatsApp versi beta. Tidak diketahui kapan fitur keamanan tersebut akan meluncur ke WhatsApp versi final.

KompasTekno
sendiri sudah mencobanya pada Jumat (11/11/2016) dan berhasil. Bagaimana caranya?

Baca: 10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Wajib Diketahui

Pertama-tama, pada antarmuka aplikasi di Android, pengguna cukup menekan ikon menu tiga titik di sisi kanan atas layar. Selanjutnya pilih Settings dan tekan Account.

Di situ akan ada pilihan two-step verification. Pencet pilihan itu dan setel enam digit yang telah disiapkan.

WhatsApp akan meminta mengonfirmasi ulang password tersebut disertai permohonan memasukkan alamat e-mail. Jika sudah mengikuti semua prosesnya, akun pengguna diklaim bakal lebih aman.

WhatsApp Otentikasi dua langkah pada WhatsApp.

Sebelumnya, pengguna bisa log-in ke WhatsApp hanya dengan memasukkan nomor telepon dan kode verifikasi yang dikirim via SMS. Mekanisme itu dianggap masih kurang aman karena otentikasinya cuma satu langkah.

Bagaimana jika ada orang yang usil memasukkan nomor telepon Anda saat log-in WhatsApp? Kode SMS bisa didapat jika peretas sudah lebih dulu mengkloning perangkat Anda, sebagaimana dilaporkan Cnet dan dihimpun KompasTekno.

 Nah, jika ada otentikasi langkah kedua melalui password enam digit, peretas akan lebih sulit mengelabui Anda. Sebab, password itu didaftarkan saat sudah masuk ke aplikasi. 

Baca: Diperbarui, WhatsApp Android Sudah Bisa Video Call

Otentikasi dua langkah selama ini sering dirumorkan akan hadir di WhatsApp. Anda memang harus lebih sabar menunggu fitur ini karena memang baru meluncur untuk pengguna aplikasi versi beta. WhatsApp masih irit bicara terkait kapan fitur itu akan diluncurkan resmi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.