Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

idEA Imbau Anggotanya Berhenti Jualan Ponsel BM

Kompas.com - 11/11/2016, 17:04 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Deliusno

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), Aulia Ersyah Marinto, mengatakan telah mengimbau para anggotanya untuk berhenti menjual ponsel black market atau BM.

Imbauan ini menyusul surat larangan penjualan ponsel BM yang dikirimkan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag). Ponsel BM yang dimaksud dalam surat tersebut, menurut Aulia, spesifik merujuk kepada iPhone 7 dan 7 Plus.

“idEA diminta menghimbau anggotanya untuk memenuhi aturan tersebut (larangan menjual ponsel BM). Itu sudah dan akan terus kami lakukan,” ujarnya saat dihubungi KompasTekno, Jumat (11/11/2016).

“Suratnya sendiri hanya menyebut produk spesifik, yaitu iPhone 7,” imbuhnya.

Baca: Tokopedia Stop Penjualan iPhone BM

Sebenarnya ponsel BM bukan seri Apple iPhone 7 dan 7 Plus saja. Dari lini produk Apple, masih ada iPhone 6s dan 6s Plus.

idEA sendiri memiliki beranggotakan sebagian besar situs jual beli di Indonesia, seperti Tokopedia, BukaLapak, Elevania, MatahariMall, JD.id, Zalora, dan masih banyak lagi.

Saat ini, Tokopedia sudah resmi melarang merchant-nya menjual empat produk Apple tersebut. Namun di sisi lain, masih banyak situs belanja online yang justru gencar menawarkannya, bahkan memberi embel-embel diskon.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Jumat (11/11/2016), situs belanja online yang masih menjajakan iPhone 6s, 6s Plus, 7 dan 7 Plus antara lain adalah JD.id, Lazada, Blibli, OLX, Bukalapak, dan MatahariMall.com.

Baca: Meski Dilarang, iPhone BM Didiskon dan Dijual Bebas di Pesta Diskon 11.11

Mengenai hal ini, Aulia mengakui bahwa asosiasi memang hanya menyampaikan imbauan dari pemerintah. Sedangkan keputusan untuk menaati larangan penjualan ponsel BM itu ada di masing-masing situs belanja online.

“Keputusan akhirnya berpulang kepada masing-masing anggota. Dari asosiasi tidak ada sanksi,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com