Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2016, 19:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Amazon

KOMPAS.com — CEO Amazon Jeff Bezos pernah berkata ingin mengirim Donald Trump ke luar angkasa setelah kandidat presiden AS dari Partai Republik itu mengejek Amazon dalam kampanyenya.

Namun, Bezos kemudian “banting setir” setelah Trump, sang pengusaha sekaligus bintang reality show yang dipandang sebelah mata oleh para pelaku industri teknologi itu, ternyata benar-benar terpilih menjadi Presiden AS dalam pemilu Selasa (8/11/2016) lalu.

“Selamat kepada @realDonaldTrump,” kicau Bezos dalam sebuah tweet, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Jumat (11/11/2016).

“Saya menyambut dengan pikiran terbuka dan berharap dia sukses dalam mengabdi untuk negara,” lanjut Bezos yang tiba-tiba bernada positif.

Baca: 3 Masalah yang Bakal Dihadapi Apple Setelah Trump Jadi Presiden AS

Entah apa yang menyebabkan perubahan nada bicara Bezos terhadap Trump itu. Mungkin dia ingin mewujudkan “persatuan” seperti yang didengung-dengungkan Trump dalam pidato seusai memenangi pemilu.

Dulu, pada Desember tahun lalu, Bezos yang juga pemilik koran The Washington Post ini pernah berkata ingin “membuang” Trump ke luar angkasa dengan roket.

“Akhirnya dibuat kesal oleh @realDonaldTrump. Saya akan menyisakan kursi untuknya di roket Blue Origin,” ucap Bezos, lengkap dengan tagar #sendDonaldtospace.

Blue Origin adalah salah satu perusahaan Bezos yang berhasil meluncurkan roket ulang alik.

Baca: Bos Amazon Ingin Kirim Donald Trump ke Luar Angkasa

Ketika itu Bezos tersinggung dengan pernyataan Trump yang menyebut bahwa Amazon tidak membayar pajak dan memanfaatkan Washington Post sebagai sarana “penipuan”.

Selain Bezos, petinggi lain di Silicon Valley yang ikut bersuara seusai kemenangan Trump termasuk pendiri Facebook Mark Zuckerberg dan CEO Apple Tim Cook. Mereka membuat pernyataan diplomatis yang tidak menyinggung Trump.

Baca: Trump Menang, Bos Apple Kirim Surat kepada Karyawan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com