Kompas.com - 14/11/2016, 17:08 WIB
iPhone 7 Plus varian warna gold 128 GB yang ditunjukkan ke KompasTekno oleh salah satu pedagang di pusat perbelanjaan ITC Kuningan, Jakarta, Rabu (21/9/2016). iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang beredar di sini merupakan barang non-resmi. Oik Yusuf/ KOMPAS.comiPhone 7 Plus varian warna gold 128 GB yang ditunjukkan ke KompasTekno oleh salah satu pedagang di pusat perbelanjaan ITC Kuningan, Jakarta, Rabu (21/9/2016). iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang beredar di sini merupakan barang non-resmi.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Beberapa pekan sebelum pesta diskon Black Friday di AS, Apple menjual perangkat flagship-nya dengan harga murah. Hal itu dimungkinkan berkat mekanisme daur ulang alias refurbished atau rekondisi.

Beberapa perangkat Apple rekondisi yang dijajakan mencakup MacBook Pro, MacBook Air, iPad Air 2, hingga iPhone 6S Plus.

Perbedaan harga antara perangkat baru dan refurbished bisa mencapai 200 dollar AS atau Rp 2,6 jutaan, sebagaimana dipantau KompasTekno dari situs resmi Apple, Senin (14/11/2016).

Lini iPhone 6S Plus 64GB, misalnya, hanya dijual 589 dollar AS (Rp 7,8 juta) dari harga orisinil 699 dollar AS (Rp 9,3 juta).

MacBook Pro yang dijual normal senilai 1.299 dollar AS (Rp 17,3 jutaan) pun menjadi 1.099 dollar AS (Rp 14,6 jutaan) karena merupakan perangkat refurbished.

MacBook Air turun harga tipis menjadi 929 dollar AS (Rp 12 jutaan) dari yang aslinya 999 dollar AS (Rp 13,3 juta). Lini iPad, iPod, iMac, dan Mac Mini juga dijajakan dengan harga lebih murah.

Tak kalah berkualitas

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melalui laman situsnya, Apple mengatakan bahwa perangkat refurbished tak kalah berkualitas dengan perangkat yang benar-benar baru. Pabrikan Cupertino itu sesumbar semua perangkat refurbished yang dijual telah melewati tahap uji coba dan sertifikasi.

Apple pun mengaku sudah mengganti perangkat dengan baterai baru.

"Sebelum kami menjual perangkat refurbished, perangkat diproses untuk memastikan standar tinggi Apple tetap terjaga," kata Apple pada lamannya.

Pembeli juga diberi garansi selama satu tahun. Jika terjadi masalah pada perangkat refurbished yang merupakan kesalahan pabrik, pembeli berhak menerima pertanggungjawaban Apple.

"Anda bisa menambah cakupan garansi lebih luas dengan berlangganan AppleCare," tertulis pada situs.

Saat mencoba mengecek ketersediaan pengambilan perangkat refurbished, KompasTekno tak menemukan lokasi toko di Indonesia maupun di Singapura. Jika ingin memesan, pengambilan tersedia di Apple Store Amerika Serikat dan Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Apple

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.