Kompas.com - 14/11/2016, 18:15 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung baru saja mengumumkan persetujuan akuisisi perusahaan audio Harman International Industries. Apa pengaruh akuisisi ini bagi konsumen di Indonesia?

Product Marketing Manager PT Samsung Electronics Indonesia, Harris Pranata Wijaya mengaku baru mengetahui bahwa akuisisi tersebut sudah resmi hari ini, Senin (14/11/2016).

Menurutnya, karena akuisisi itu masih baru, belum ada efek yang terasa sampai ke Indonesia. Namun langkah akuisisi tersebut bisa dipastikan menunjukkan keseriusan Samsung dalam mengembangkan bisnis perangkat audio.

Apalagi Harman merupakan nama yang besar di dunia audio. Akuisisi ini bisa dibayangkan akan berpengaruh pada lini produk audio Samsung dalam beberapa waktu mendatang.

“Saya selama ini dengar baru rencana saja. Ternyata sudah resmi ya? Sekarang sih kita belum tahu seperti apa efekmya ke Indonesia, karena akuisisi itu baru saja terjadi di tingkat global,” terang Harris saat ditemui KompasTekno usai peluncuran Soundbar HW-K950 di Jakarta, Senin (14/11/2016).

Baca: Samsung Caplok Perusahaan Audio Harman Rp 107 Triliun

“Kalau sudah resmi dibeli di global, berarti Samsung akan serius di bisnis audio. Selama ini kan audio digunakan di tv, lalu juga ponsel, kemudian bikin speaker. Pembelian itu (akuisisi) bisa diartikan Samsung serius,” imbuhnya.

Namun dia enggan memprediksi teknologi atau produk seperti apa yang bakal dikeluarkan Samsung pasca akuisi tersebut. “Kita lihat saja, ini kan baru terjadi,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Harman merupakan perusahaan yang membawahi sejumlah merek audio ternama, yaitu Harman Kardon, JBL, Mark Levinson, Lexicon, AKG, Infinity dan Revel. Perusahaan itu juga memegang lisensi merek Bowers & Wilkins dan Bang & Olufsen untuk otomotif.

Akuisi yang terjadi bakal membuat Samsung memperoleh akses ke berbagai teknologi milik anak usaha Harman. Selain speaker, Harman juga memiliki solusi Internet of Things untuk otomotif. Tak kurang dari 30 juta tranportasi di seluruh dunia memakai solusi ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.