Oppo dan Vivo Laris, 3 Perusahaan Ini Kecipratan Untung

Kompas.com - 15/11/2016, 10:48 WIB
Oppo R9s. OppoOppo R9s.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Di balik larisnya ponsel buatan Oppo dan Vivo, ada beberapa perusahaan lain yang penen untung. Mereka adalah para penyuplai desain serta berbagai komponen yang dipakai oleh smartphone Oppo dan Vivo.

Seperti diketahui, laporan kuartal ketiga 2016 dari Counterpoint Research menyebutkan bahwa Oppo dan Vivo sedang merajai China. Oppo mendapatkan pangsa pasar 16,6 persen, sedangkan Vivo beda tipis pada 16,2 persen.

Prestasi tersebut pun berdampak pada setidaknya tiga perusahaan lain asal Taiwan, yaitu MediaTek, FocalTech Systems, dan Global Mixed-mode Technology (GMT).

Informasi yang diperoleh KompasTekno dari Digitimes, Selasa (15/11/2016), Oppo dan Vivo meningkatkan jumlah pesanan komponen kepada ketiga perusahaan tersebut. Efeknya, catatan pengapalan dan pendapatan mereka di 2017 pun bakal naik.

Pada kuartal ketiga 2016, IDC mencatat pengapalan ponsel Oppo dan Vivo ke China masing-masing mencapai 20,1 juta unit dan 19,2 juta unit. Angka tersebut mengindikasikan kenaikan hingga hampir dua kali lipat.

Sumber yang enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa total pengapalan ponsel Oppo pada 2016 ini sudah hampir melebihi 100 juta unit. Jumlah ini diprediksi akan naik hingga 120 atau 130 juta unit pada 2017 mendatang.

Baca: Oppo dan Vivo Rajai China, Geser Huawei dan Xiaomi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, sumber yang sama juga mengungkap bahwa FocalTech baru saja mendapatkan pesanan touch display driver IC (TDDI) untuk dipakai oleh Oppo dan Vivo. Total pesanan ini, ditambah dengan pesanan dari vendor China lain, bakal membuat nilai pengiriman TDDI IC itu melonjak dua hingga tiga kali lipat pada 2017.

Di sisi lain, GMT kini tengah bernegosiasi dengan Vivo. Negosiasi tersebut berkutat seputar rencana produksi customized voice coil motor (VCM) driver IC.

Baca: Apa Kesamaan Oppo, Vivo, dan OnePlus?



Sumber Digitimes

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.