Samsung Siapkan Rp 13 Miliar Per Bulan untuk Developer Tizen

Kompas.com - 15/11/2016, 12:15 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Samsung sadar betul bahwa Tizen, sistem operasi alternatif Android bikinannya, masih sepi dari aplikasi. Oleh karena itu, perusahaan asal Korea Selatan itu membuka program untuk merayu para developer aplikasi.

Nama program tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Selasa (15/11/2016), adalah Tizen Mobile App Incentive Program. Melalui program ini, Samsung menawarkan hadiah uang sebesar 10.000 dollar AS (Rp 133 juta) bagi developer yang membikin aplikasi untuk Tizen.

Meski begitu, tidak semua developer akan mendapatkan hadiah uang itu. Hanya aplikasi yang dinilai sukses saja yang akan diganjar uang tunai sebesar itu.

"Kami dengan gembira merilis program insentif baru untuk menolong mengembangkan dan membawa aplikasi mobile terbarik ke komunitas Tizen dan juga menghadirkan konsumen dengan pengalaman mobile lebih baik," tutur Woncheol Chai, VP of Global Product Management Samsung.

Baca: Belum Ada Go-Jek di Tizen Z2, Begini Cara Samsung Mengatasinya

Untuk berpatisipasi dalam program ini, pengembang harus mendaftarkan aplikasinya ke incentive.tizenstore.com mulai Januari 2017 mendatang. Aplikasi yang didaftarkan bisa berupa aplikasi yang baru dibuat, atau yang sudah ada saat ini. Kategorinya terdiri atas jejaring sosial, game, lifestyle, dan lain-lain.

Kemudian, Samsung akan melihat 100 aplikasi teratas yang telah diunduh oleh pengguna. Ke-100 aplikasi itu masing-masing akan mendapatkan 10.000 dollar AS. Artinya, Samsung menyiapkan total 1 juta dollar AS (Rp 13 miliar) untuk program tersebut.

Program insentif Tizen ini akan berjalan selama sembilan bulan, Februari hingga Oktober 2017. Setiap bulannya, Samsung akan mengeluarkan hadiah 1 juta dollar AS tersebut. Artinya, dalam sembilan bulan penyelenggaraan, Samsung menyiapkan 9 juta dollar AS.

Di Indonesia sendiri, Samsung sudah punya program sendiri untuk mengajak developer membuat aplikasi Tizen. Dalam acara bertajuk Indonesia Next App 3.0, pengembang aplikasi ditantang untuk membuat aplikasi di tiga kategori platform, yakni Tizen Smartphone, Wearable/Gears Apps, dan Gear VR Content.

Baca: Apa Itu OS Tizen di Samsung Z2, Bedanya dengan Android?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.