Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Siapkan Rp 13 Miliar Per Bulan untuk Developer Tizen

Kompas.com - 15/11/2016, 12:15 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Samsung sadar betul bahwa Tizen, sistem operasi alternatif Android bikinannya, masih sepi dari aplikasi. Oleh karena itu, perusahaan asal Korea Selatan itu membuka program untuk merayu para developer aplikasi.

Nama program tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Selasa (15/11/2016), adalah Tizen Mobile App Incentive Program. Melalui program ini, Samsung menawarkan hadiah uang sebesar 10.000 dollar AS (Rp 133 juta) bagi developer yang membikin aplikasi untuk Tizen.

Meski begitu, tidak semua developer akan mendapatkan hadiah uang itu. Hanya aplikasi yang dinilai sukses saja yang akan diganjar uang tunai sebesar itu.

"Kami dengan gembira merilis program insentif baru untuk menolong mengembangkan dan membawa aplikasi mobile terbarik ke komunitas Tizen dan juga menghadirkan konsumen dengan pengalaman mobile lebih baik," tutur Woncheol Chai, VP of Global Product Management Samsung.

Baca: Belum Ada Go-Jek di Tizen Z2, Begini Cara Samsung Mengatasinya

Untuk berpatisipasi dalam program ini, pengembang harus mendaftarkan aplikasinya ke incentive.tizenstore.com mulai Januari 2017 mendatang. Aplikasi yang didaftarkan bisa berupa aplikasi yang baru dibuat, atau yang sudah ada saat ini. Kategorinya terdiri atas jejaring sosial, game, lifestyle, dan lain-lain.

Kemudian, Samsung akan melihat 100 aplikasi teratas yang telah diunduh oleh pengguna. Ke-100 aplikasi itu masing-masing akan mendapatkan 10.000 dollar AS. Artinya, Samsung menyiapkan total 1 juta dollar AS (Rp 13 miliar) untuk program tersebut.

Program insentif Tizen ini akan berjalan selama sembilan bulan, Februari hingga Oktober 2017. Setiap bulannya, Samsung akan mengeluarkan hadiah 1 juta dollar AS tersebut. Artinya, dalam sembilan bulan penyelenggaraan, Samsung menyiapkan 9 juta dollar AS.

Di Indonesia sendiri, Samsung sudah punya program sendiri untuk mengajak developer membuat aplikasi Tizen. Dalam acara bertajuk Indonesia Next App 3.0, pengembang aplikasi ditantang untuk membuat aplikasi di tiga kategori platform, yakni Tizen Smartphone, Wearable/Gears Apps, dan Gear VR Content.

Baca: Apa Itu OS Tizen di Samsung Z2, Bedanya dengan Android?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com