Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S8 Bakal Dibekali Layar ala iPhone?

Kompas.com - 15/11/2016, 15:55 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - Berbeda dari pemindai sidik jari yang kini sudah menjadi fitur standar, teknologi 3D touch ala iPhone 6s dan iPhone 7 masih belum banyak ditemukan di ponsel Android.

Namun hal itu mungkin akan segera berubah karena Galaxy S8 dari Samsung kabarnya bakal mengusung fitur serupa, menurut informasi yang dirangkum KompasTekno dari Ubergizmo, Selasa (15/11/2016).

Force Touch atau 3D Touch merupakan fitur yang mengandalkan hardware display “pressure sensitive”, di mana ponsel mampu mengukur tekanan jari pengguna di atas layar.

Pengukuran tekanan ini lantas bisa dipakai untuk memunculkan menu tambahan di antarmuka ponsel. Misalnya, dengan menekan dan menahan jari di atas ikon aplikasi, ponsel bisa memunculkan option baru.

Baca: Samsung Caplok Perusahaan Audio Harman Rp 107 Triliun

Sistem operasi Android 7.0 "Nougat" terbaru diketahui sudah mendukung penggunaan layar pressure sensitive sehingga membuka kemungkinan implementasi fitur ala 3D Touch.

Namun, ponsel Pixel besutan Google sendiri masih belum dilengkapi dengan teknologi layar pressure sensitive.

Satu perangkat Android yang sudah memiliki layar macam ini adalah Huawei Mate S, tapi hanya tersedia di model teratas yang dipasarkan secara terbatas.

Akankah Galaxy S8 memasyarakatkan fitur 3D Touch di ekosistem Android? Benar tidaknya informasi ini akan diketahui ketika perangkat itu meluncur tahun depan.

Selain 3D Touch, Galaxy S8 juga dikabarkan bakal melengkapi diri dengn fitur asisten virtual Bixby serta layar ganda dan curved screen.

Baca: Ukuran Layar Galaxy S8 Lebih Besar dari Sebelumnya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com