Kompas.com - 15/11/2016, 15:55 WIB
Unit Galaxy Note 7 tersimpan di dalam kotak yang ditutup dengan memakai engsel magnet. Smartphone ini akan langsung menyambut begitu kotak dibuka. Tentu, dengan keadaan masih dimatikan. Oik Yusuf/ KOMPAS.comUnit Galaxy Note 7 tersimpan di dalam kotak yang ditutup dengan memakai engsel magnet. Smartphone ini akan langsung menyambut begitu kotak dibuka. Tentu, dengan keadaan masih dimatikan.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Berbeda dari pemindai sidik jari yang kini sudah menjadi fitur standar, teknologi 3D touch ala iPhone 6s dan iPhone 7 masih belum banyak ditemukan di ponsel Android.

Namun hal itu mungkin akan segera berubah karena Galaxy S8 dari Samsung kabarnya bakal mengusung fitur serupa, menurut informasi yang dirangkum KompasTekno dari Ubergizmo, Selasa (15/11/2016).

Force Touch atau 3D Touch merupakan fitur yang mengandalkan hardware display “pressure sensitive”, di mana ponsel mampu mengukur tekanan jari pengguna di atas layar.

Pengukuran tekanan ini lantas bisa dipakai untuk memunculkan menu tambahan di antarmuka ponsel. Misalnya, dengan menekan dan menahan jari di atas ikon aplikasi, ponsel bisa memunculkan option baru.

Baca: Samsung Caplok Perusahaan Audio Harman Rp 107 Triliun

Sistem operasi Android 7.0 "Nougat" terbaru diketahui sudah mendukung penggunaan layar pressure sensitive sehingga membuka kemungkinan implementasi fitur ala 3D Touch.

Namun, ponsel Pixel besutan Google sendiri masih belum dilengkapi dengan teknologi layar pressure sensitive.

Satu perangkat Android yang sudah memiliki layar macam ini adalah Huawei Mate S, tapi hanya tersedia di model teratas yang dipasarkan secara terbatas.

Akankah Galaxy S8 memasyarakatkan fitur 3D Touch di ekosistem Android? Benar tidaknya informasi ini akan diketahui ketika perangkat itu meluncur tahun depan.

Selain 3D Touch, Galaxy S8 juga dikabarkan bakal melengkapi diri dengn fitur asisten virtual Bixby serta layar ganda dan curved screen.

Baca: Ukuran Layar Galaxy S8 Lebih Besar dari Sebelumnya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Ubergizmo

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.