Kompas.com - 15/11/2016, 17:16 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Pekan lalu, sebuah mesin penjual otomatis alias vending maching berwarna kuning muncul di daerah Venice Beach, California, Amerika Serikat. Mesin yang dinamai Snapbot itu berfungsi untuk melayani pembelian kacamata pintar Snapchat Spectacles.

Mengikuti filosofi Snapchat yang cuma menyimpan konten visual selama 24 jam, Snapbot juga hanya terpatri dalam kurun waktu 24 jam di satu daerah. Selanjutnya, Snapbot akan beralih ke wilayah lain yang lokasinya tercantum pada situs resmi Spectacles.

Strategi pemasaran hit and run ini agaknya memicu hasrat pembeli. Snapbot langsung jadi incaran warga AS. Mereka rela mengantre dan berjuang berat di depan mesin tersebut hingga berjam-jam agar bisa membeli Spectacles.

Baca: Snapchat Bikin Kacamata Perekam Video

David Piece adalah salah satu contohnya. Ia menceritakan kisahnya berburu Spectacles saat Snapbot dipasang di daerah Big Sur, AS, sebagaimana dilaporkan Wired dan dihimpun KompasTekno, Selasa (15/11/2016).

"Saya tahu Snapbot akan dipasang di Big Sur pada Minggu pagi. Tentu saja saya tak ingin kehilangan kesempatan ini. Saya memutuskan menyetir tiga jam dari Oakland ke Big Sur. Ketika sampai pada jam 10.45, saya ternyata telah kehabisan stok," ia menjelaskan.

Piece bukan satu-satunya orang yang kecewa hari itu. Ia mengatakan garis antrean masih terbentang panjang ketika Snapbot mengumumkan stok telah habis. Para pengantre enggan segera beranjak, mungkin mereka masih menunggu secerca harapan dari sang Snapbot.

"Snapchat sepertinya ingin melihat ketangguhan para fans sejati. Mereka adalah orang-orang yang rela berjuang untuk mendapat Sepctacles," Piece menuturkan. 

Beberapa menit setelah merenungi nasib, Piece beranjak meninggalkan area Snapbot. Tiba-tiba ada orang asing yang menawarinya Spectacles.

"Saya dapat warna biru dan merah. Kamu bisa beli seharga 600 dollar AS (Rp 8 juta) untuk satu unit dan 1.100 dollar AS (Rp 14 juta) untuk dua unit," kata Piece mencontohkan orang asing tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Wired



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.