Kompas.com - 17/11/2016, 08:48 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Berpikir bahwa konsol "bongkar pasang" Nintendo Switch bakal berbanderol mahal? Jika iya, sebaiknya buang dulu anggapan tersebut. Konsol terbaru Nintendo itu sepertinya akan dijual dengan harga terjangkau.

Pihak Nintendo sendiri sebenarnya belum secara resmi membeberkan harga Switch. Namun, banderol tersebut sempat bocor di situs toko mainan Toys 'R US Kanada.

Menurut situs tersebut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Cnet, Kamis (17/11/2016), Nintendo Switch dijual dengan harga 329,99 dollar Kanada atau sekitar Rp 3,3 juta. Meski begitu, laman web yang menampilkan informasi tersebut sudah dihapus.

Jika informasi tersebut benar, harga dari Switch bisa dikatakan relatif lebih terjangkau. Konsol yang ada saat ini, seperti Xbox One bikinan Microsoft dan PlayStation 4 bikinan Sony, memang lebih mahal.

Di Indonesia, Xbox One dipasarkan dengan harga sekitar Rp 4,7 juta. Sementara itu, PS4 Slim dibanderol sekitar Rp 4,2 juta.

Harga dari konsol Switch itu juga relatif sama dengan konsol handheld Nintendo 3DS yang dijual sekitar Rp 2,8 juta di Indonesia.

Switch sebelumnya dikenal dengan nama "Project NX". Ia merupakan konsol dengan konsep baru yakni bersistem hibrida. Bersifat portable, konsol bisa sekaligus didudukkan pada sebuah konektor untuk menghubungkannya ke layar televisi yang lebih besar.

Ada dua controller bernama "Joy-Con" yang berperan penting untuk memenuhi beragam opsi gameplay pengguna. Joy-Con bisa dilepaskan dari sisi kanan dan kiri konsol sesuai kebutuhan.

Pengguna bisa merasakan pengalaman bermain di depan televisi, bermain secara portable, serta bermain dengan teman baik di depan televisi maupun secara mobile.

Selain Joy-Con, ada juga Switch Pro Controller yang bentuknya lebih tradisional dan familiar. Controller analog tersebut bisa menjadi opsi ketika pengguna ingin menjajal game di rumah.

Selain di perangkat televisi, tampilan Switch pun bisa dipindah ke tablet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.