Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Tiru Cara Snapchat Menambah "Follower"

Kompas.com - 17/11/2016, 12:18 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber twitter

KOMPAS.com - Twitter memperkenalkan fitur QR Code pada aplikasinya untuk iOS maupun Android. Fitur ini mirip dengan Snapcode milik Snapchat.

Fungsinya pun mirip, yakni sebagai opsi tambahan bagi sesama pengguna untuk saling terkoneksi atau menambah follower. Sebelumnya, untuk mengikuti akun seseorang di Twitter, Anda harus menekan tombol follow pada profil orang itu.

Kini, Anda bisa menjadikan QR Code sebagai alternatif. Caranya simpel, cukup dengan menavigasi profil Anda, tekan ikon tiga titik (Android) atau ikon gear (iOS), lalu pilih "QR Code".

Aplikasi akan memunculkan layar pembidikan untuk memindai QR Code pengguna lain. Cukup tekan tombol biru bertuliskan "QR Scanner".

Lalu, arahkan kotak pemindaian ke QR Code orang yang hendak di-follow, sebagaimana dicoba KompasTekno, Kamis (17/11/2016).

Ada dua cara memindai QR Code tersebut. Pertama, Anda bisa menggunakannya saat bertemu langsung secara fisik dengan orang yang hendak di-follow. Sebab, orang itu harus menyodorkan QR Code di smartphone-nya untuk Anda pindai ke aplikasi Twitter di smartphone Anda.

Cara kedua, Anda bisa memindai QR Code orang lain dari galeri foto. Syaratnya, orang yang hendak di-follow membagi QR Code-nya ke media sosial sehingga bisa Anda simpan di galeri foto terlebih dahulu.

Nah, agar QR Code Anda tersebar ke mana-mana, Anda pun bisa membaginya. Caranya tekan ikon pada sisi kanan atas layar pemindaian, lalu tekan opsi "Share". Pembagian itu bisa dilakukan ke akun Instagram, e-mail, WhatsApp, dan aplikasi jejaring sosial lainnya.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber twitter

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com