Tokopedia, Elevenia, dan Blibli Tegaskan Komitmen Perangi Ponsel BM

Kompas.com - 17/11/2016, 18:35 WIB
(ki-ka) CEO Blibli Kusumo Martanto, CEO Tokopedia William Tanujaya, dan GM Strategy and Communication Elevania, Bayu Setiaji Tjahjono, di Kantor Google Indonesia, Jakarta, Kamis (17/11/2016) Fatimah Kartini Bohang/KompasTekno(ki-ka) CEO Blibli Kusumo Martanto, CEO Tokopedia William Tanujaya, dan GM Strategy and Communication Elevania, Bayu Setiaji Tjahjono, di Kantor Google Indonesia, Jakarta, Kamis (17/11/2016)
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan e-commerce Tanah Air berkomitmen untuk turut memerangi peredaran smartphone ilegal alias black market (BM). Setidaknya komitmen itu diucap Tokopedia, Blibli, dan Elevania.

Ketiganya mengaku telah menerima surat resmi dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang meminta situs belanja online untuk tak menjual perangkat BM. Lebih spesifik, pelarangan itu merujuk ke lini flagship Apple yakni iPhone 6, 6s, 7, dan 7 Plus, yang memang belum resmi masuk Indonesia.

"Sejauh ini yang dilarang ada empat model, ke depannya kami belum tahu," kata CEO Tokopedia, William Tanujaya, usai press briefing penelitian e-commerce Indonesia oleh Google di Kantor Google Indonesia, Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Baca: Harapan Bos Tokopedia soal Ponsel BM

William sesumbar Tokopedia adalah e-commerce pertama di Indonesia yang mematuhi perintah Kemendag. Pantauan KompasTekno, situs Tokopedia memang sudah memasang pengumuman soal penghapusan empat seri iPhone dari katalog produknya sejak pekan lalu.

Blibli dan Elevania mulai ikuti perintah Kemendag

Kala itu, Blibli masih mewadahi penjualan iPhone 6S ke atas. Bahkan pada Pesta Diskon Harbolnas 11.11, situs Blibli memberi potongan harga untuk lini-lini iPhone BM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, ketika dicek hari ini, KompasTekno tak mendapati lini iPhone 6S ke atas di situs Blibli. Yang tertinggal cuma aksesorinya, seperti case dan tempered glass khusus iPhone 6S ke atas.

Baca: Meski Dilarang, iPhone BM Tetap Dijual Bebas di Pesta Diskon 11.11

CEO Blibli Kusumo Martanto menegaskan pihaknya memberi hukuman tegas bagi penjual smartphone BM. Untuk kali pertama hingga kedua, Blibli masih menegur halus. Namun, jika sudah tiga kali kedapatan, Blibli tak segan-segan memblokir akun penjual.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X