Tahun Depan, Lenovo Tak Hanya Jualan Ponsel

Kompas.com - 18/11/2016, 08:43 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Lenovo tengah menyiapkan strategi bisnis untuk diterapkan pada 2017. Pada tahun baru tersebut, perusahaan tidak akan hanya mengandalkan jualan gadget smartphone saja, tapi mengembangkan bisnis dalam tiga hal.

Tiga hal yang dimaksud menurut Manager Business Group 4P Lenovo Indonesia, Anvid Erdian adalah perangkat (device), service atau layanan, dan aksesoris.

"Jadi 2017 kami akan main di device, service dan aksesoris," ujar Anvid saat berbincang dengan KompasTekno di sela-sela media gathering Lenovo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (17/11/2016).

Anvid menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan layanan adalah kerja sama dengan sejumlah penyedia konten. Contohnya adalah melakukan bundel pembelian ponsel dengan game Point Blank atau poin Money Online (MOL) yang sudah dilakukan sebelumnya. Kerja sama seperti ini akan diperbanyak lagi.

Sedangkan untuk bisnis aksesoris, Lenovo menyiapkan Mini Nut, sebutan untuk casing smartphone hasil rancangan Lenovo sendiri.

"Sekarang memang kita sudah mulai jual aksesoris. Tapi ke depan, ini akan lebih fokus, misalnya menambah variasinya," Anvid menuturkan.

Sayangnya untuk perangkat (device), Anvid enggan mengungkap smartphone baru apa yang akan dirilis pada 2017 mendatang. Anvid hanya meminta untuk menunggu.

"Kami juga akan keluarkan sesuatu (program) yang baru, tapi masih rahasia. Pokoknya karena ada 4G bisa terbuka banyak potensi, seperti dalam hal konten," jelasnya.

Lenovo juga akan mengganti strategi cara mereka mempromosikan smartphone-nya. Spesifikasi ponsel tidak akan didorong sebagai nilai jual. Sebagai gantinya, Lenovo akan lebih mempromosikan pengalaman unik yang bakal diperoleh pengguna dengan ponsel Lenovo.

"Kami tidak melulu menjual spesifikasi, tapi juga jual pengalaman. Sekarang ini kan masanya 4G, bisa dipakai untuk banyak hal. Misalnya fungsi perangkat 4G murah dalam bermain game atau menonton (streaming)," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.