Google Maps Bisa Tunjukkan Letak Toilet Terdekat dan Terbersih

Kompas.com - 18/11/2016, 14:05 WIB
Toilet portable warna-warni di Bandara Adisucipto, Yogyakarta. Humas Bandara AdisuciptoToilet portable warna-warni di Bandara Adisucipto, Yogyakarta.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Beberapa orang kerap rewel soal toilet umum. Meski sudah kebelet buang air, bisa saja seseorang memilih menahannya hingga sampai di rumah.

Padahal, barangkali ada toilet umum yang jaraknya tak jauh dan kebersihannya masih terjaga. Google punya solusi untuk hal ini.

Layanan mesin pencari tersebut meluncurkan sebuah fitur pada Maps yang memungkinkan pengguna mencari lokasi toilet umum terdekat.

Yang terpenting, fitur itu memberikan informasi soal kebersihan toilet, sebagaimana dilaporkan DigitalTrends dan dihimpun KompasTekno, Jumat (18/11/2016).

Baca: Mulai Hari Ini, Google Maps Tampilkan Tarif Go-Jek dan Grab

India menjadi negara pertama yang bisa menikmati fitur tersebut sejak 15 November lalu. Uji coba India sebagai negara pilot project itu akan berlangsung hingga 30 November mendatang.

Negara Kain Sutera dipilih bukan tanpa alasan. Pasalnya, sekitar 70 persen rumah tangga di India disebut tak memiliki akses ke toilet. Hal ini secara tak langsung memicu masalah sanitasi pada toilet umum karena kapasitas tampungnya membludak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tool khusus pada Maps di India itu merupakan hasil kerja sama Google dengan pemerintah di sana. New Delhi menjadi kota pertama di India yang merasakannya.

Pengguna Maps di sana cukup mengetik kata kunci toilet dalam bahasa India yang disebut "swach" atau "shublabh" untuk menjangkau toilet yang paling mumpuni. Hasil pencarian itu meliputi toilet di dalam pusat perbelanjaan, restoran, dan rumah sakit.  

Belum jelas kapan tool toilet bersih itu dirilis untuk layanan Maps di negara lain, termasuk di Indonesia. Kita tunggu saja.

Baca: Google Akui Tak Cantumkan Nama Palestina di Google Maps

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.