Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps Bisa Tunjukkan Letak Toilet Terdekat dan Terbersih

Kompas.com - 18/11/2016, 14:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa orang kerap rewel soal toilet umum. Meski sudah kebelet buang air, bisa saja seseorang memilih menahannya hingga sampai di rumah.

Padahal, barangkali ada toilet umum yang jaraknya tak jauh dan kebersihannya masih terjaga. Google punya solusi untuk hal ini.

Layanan mesin pencari tersebut meluncurkan sebuah fitur pada Maps yang memungkinkan pengguna mencari lokasi toilet umum terdekat.

Yang terpenting, fitur itu memberikan informasi soal kebersihan toilet, sebagaimana dilaporkan DigitalTrends dan dihimpun KompasTekno, Jumat (18/11/2016).

Baca: Mulai Hari Ini, Google Maps Tampilkan Tarif Go-Jek dan Grab

India menjadi negara pertama yang bisa menikmati fitur tersebut sejak 15 November lalu. Uji coba India sebagai negara pilot project itu akan berlangsung hingga 30 November mendatang.

Negara Kain Sutera dipilih bukan tanpa alasan. Pasalnya, sekitar 70 persen rumah tangga di India disebut tak memiliki akses ke toilet. Hal ini secara tak langsung memicu masalah sanitasi pada toilet umum karena kapasitas tampungnya membludak.

Tool khusus pada Maps di India itu merupakan hasil kerja sama Google dengan pemerintah di sana. New Delhi menjadi kota pertama di India yang merasakannya.

Pengguna Maps di sana cukup mengetik kata kunci toilet dalam bahasa India yang disebut "swach" atau "shublabh" untuk menjangkau toilet yang paling mumpuni. Hasil pencarian itu meliputi toilet di dalam pusat perbelanjaan, restoran, dan rumah sakit.  

Belum jelas kapan tool toilet bersih itu dirilis untuk layanan Maps di negara lain, termasuk di Indonesia. Kita tunggu saja.

Baca: Google Akui Tak Cantumkan Nama Palestina di Google Maps

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com