Mencatat Pakai Pulpen dan Kertas, Bill Gates Dikagumi Miliarder

Kompas.com - 21/11/2016, 14:15 WIB
Pendiri Microsoft, Bill Gates AP PhotoPendiri Microsoft, Bill Gates
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Orang terkaya di dunia sekaligus pendiri perusahaan raksasa software Microsoft, Bill Gates, masih mencatat hal-hal penting di buku kecil. Pada pertemuan bisnis atau acara-acara formal, ia rajin membawa notes (buku catatan) dan pena.

Kebiasaan Gates bisa dibilang unik pada era sekarang, ketika kebanyakan orang lebih merasa praktis mengetik hal-hal penting di smartphone atau tablet. Ternyata, kebiasaan itu juga masih melekat pada miliarder Richard Branson.

Branson mengemukakan kekagumannya terhadap Gates karena tetap mempertahankan cara lama yang sudah ditinggalkan orang-orang modern zaman sekarang.

"Meski terkenal akan kejeniusannya di dunia teknologi, Gates tidak meninggalkan pulpen dan kertas," kata Branson, sebagaimana dilaporkan CNBC dan dihimpun KompasTekno, Senin (21/11/2016).

Branson adalah pendiri Virgin Group yang merupakan perusahaan bernilai miliaran dollar AS. Beberapa ranah bisnis, mulai dari industri rekaman, maskapai, telekomunikasi, hingga pariwisata, ada dalam portofolio Virgin Group.

Branson dan Gates, yang merupakan ikon pebisnis sukses di dunia, duduk bersama pada sebuah konferensi di London. Branson memperhatikan mimik Gates ketika berpidato, lalu ia tak sanksi melontarkan pujian.

"Pada pidato penutupan, Gates mengeluarkan secarik kertas dari kantongnya," Branson menuturkan.

"Saya terkesima melihat notes Gates yang sudah terlipat dan tak beraturan. Ia bahkan harus memperbaiki lipatan kertas pada notes-nya agar bisa membaca draf pidato," kata Branson yang mengindikasikan kesederhanaan Gates.

Menolak lupa dengan kertas dan pulpen

Branson sendiri menekankan filosofi mencatat pada semua karyawan di perusahaan-perusahaannya. Menurut dia, ide-ide yang suka wira-wiri di kepala harus segera dicatat agar tak lupa.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNBC

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.