Uji Jatuh Xiaomi Mi Mix yang Berbahan Keramik, Kuat atau Ringkih?

Kompas.com - 21/11/2016, 19:36 WIB
Daya tarik utama dari Mi Mix adalah pinggiran layarnya yang seolah tak berbingkai dan memenuhi hampir seluruh bagian depan. Oik Yusuf/ KOMPAS.comDaya tarik utama dari Mi Mix adalah pinggiran layarnya yang seolah tak berbingkai dan memenuhi hampir seluruh bagian depan.
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Xiaomi Mi Mix banyak diperbincangkan karena desain fisiknya yang begitu menarik mata. Perangkat ini memiliki layar yang tampak seolah memenuhi bagian muka ponsel hingga ke pinggir bingkai, ditambah cangkang berbahan keramik serba mengilap.

Memiliki fisik menawan, bagaimana ketahanan perangkat dalam menghadapi benturan ketika terjatuh? Ternyata tidak begitu kuat.

Seorang YouTuber dengan akun JerryRigEverything telah menguji kekuatan Mi Mix melalui serangkaian uji jatuh. Hasilnya, Mi Mix mengalami retak-retak, meski jatuh dari ketinggian yang tidak terlalu tinggi.

Dalam pengujian pertama, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Gizmochina, Senin (21/11/2016), JerryRigEverything menjatuhkan Mi Mix dari ketinggian sekitar 15 cm dengan punggung perangkat menghadap ke arah bawah. Hasilnya, smartphone yang awalnya dikira konsep ini mampu bertahan tanpa adanya goresan sedikit pun.

Hal tersebut, menurut JerryRigEverything, terjadi karena bahan keramik yang digunakan di tubuh Mi Mix. Keramik tersebut bisa memiliki tingkat kekerasan di angka 8 dari 10.

Kemudian, Mi Mix kembali dijatuhkan. Kali ini dari ketinggian 30 cm. Hasilnya masih sama, perangkat tersebut aman dari goresan.

Terakhir, smartphone tersebut dijatuhkan dari ketinggian sekitar 60 cm. Posisi jatuhnya sedikit berbeda dari dua pengujian di awal, dengan pinggiran sisi perangkat yang terlebih dahulu "mencium" lantai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kali ini, bodi Mi Mix retak cukup parah di bagian yang terjatuh itu. Ada pula retakan yang cukup panjang di bagian layar.

Baca: Video: Menjajal Xiaomi Mi Mix di Jakarta

Berdasarkan pengujian tersebut, JerryRigEvertyhing bisa menyimpulkan kekuatan Xiaomi Mi Mix. Meski bagian keramik sudah cukup kuat, pengguna sebaiknya membungkus Mi Mix dengan casing peredam benturan. Casing tersebut dapat berguna untuk membuat bagian pinggiran perangkat tidak retak.

Berikut video pengujian dari JerryRigEverything.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.