Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Stories Resmi Dukung "Live Streaming"

Kompas.com - 22/11/2016, 08:20 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BuzzFeed

KOMPAS.com — Instagram sebelumnya telah memberikan petunjuk akan menghadirkan fitur siaran langsung (live streaming). Kini, Instagram telah resmi mengumumkan, fitur tersebut bakal hadir di aplikasi mobile besutannya. 

Pengguna Instagram bisa menayangkan live video streaming via Stories. Caranya adalah dengan membuka Stories baru, lalu memilih opsi “Start Live Video”. Opsi tersebut bisa diakses dengan menyapukan jari ke arah kanan di antarmuka utama.

Instagram kemudian bakal memeriksa kecepatan koneksi internet, lalu menghitung mundur sebelum memulai live streaming. Sama seperti pada Facebook Live, pengguna Instagram bisa melakukan live streaming dengan durasi maksimum selama satu jam.

Baca: Sehari, 100 Juta Orang Tonton Video Instagram Stories

Bedanya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Buzzfeed, Selasa (22/11/2016), Instagram tidak membikin tautan berisi “undangan” ke live video pengguna untuk disebarkan di media sosial lain semacam Twitter dan Facebook.

Instagram hanya akan memberikan notifikasi ke sebagian teman yang memilih untuk mendapat update posting baru dari pengguna. Teman-teman lain di Instagram akan melihat badge berbunyi “Live” di avatar pengguna di kanal Stories.

Instagram Foto dan video stories bisa ditambahkan di Direct Message. Caranya adalah dengan menyapukan jari ke kanan dari tampilan utama untuk membuka kamera Stories, lalu meng-klik tanda panah di kanan bawah layar.
Usai live streaming, video tidak disimpan dan tidak bisa diputar kembali sehingga benar-benar hanya bisa disaksikan saat berlangsung. Meski demikian, ada fitur pelaporan untuk mencegah penyalahgunaan live streaming.

Instagram turut menambah fitur pengiriman foto dan video yang bisa menghilang lewat pesan teks Instagram Direct. Di tampilan Direct, pengguna bakal melihat deretan icon mirip Stories di bagian atas.

Sedikit berbeda dari Stories, foto dan video instan di Direct ini hanya bisa dilihat sekali sebelum terhapus secara otomatis.

Saat ini, dua fitur baru tersebut belum bisa dinikmati. Keduanya akan mulai disalurkan secara bertahap ke pengguna Instagram di platform iOS dan Android dalam beberapa minggu ke depan.

Baca: Ini Tips Ridwan Kamil agar Foto Instagram Banyak Like

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BuzzFeed

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com