Instagram Stories Resmi Dukung "Live Streaming"

Kompas.com - 22/11/2016, 08:20 WIB
Ilustrasi live streaming Instagram. Tayangan live di Instagram hanya bisa disaksikan saat berlangsung, namun Instagram menyertakan laman khusus (top live video) berisi tayangan-tayangan live streaming yang sedang disiarkan untuk mempermudah pengguna. InstagramIlustrasi live streaming Instagram. Tayangan live di Instagram hanya bisa disaksikan saat berlangsung, namun Instagram menyertakan laman khusus (top live video) berisi tayangan-tayangan live streaming yang sedang disiarkan untuk mempermudah pengguna.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Instagram sebelumnya telah memberikan petunjuk akan menghadirkan fitur siaran langsung (live streaming). Kini, Instagram telah resmi mengumumkan, fitur tersebut bakal hadir di aplikasi mobile besutannya. 

Pengguna Instagram bisa menayangkan live video streaming via Stories. Caranya adalah dengan membuka Stories baru, lalu memilih opsi “Start Live Video”. Opsi tersebut bisa diakses dengan menyapukan jari ke arah kanan di antarmuka utama.

Instagram kemudian bakal memeriksa kecepatan koneksi internet, lalu menghitung mundur sebelum memulai live streaming. Sama seperti pada Facebook Live, pengguna Instagram bisa melakukan live streaming dengan durasi maksimum selama satu jam.

Baca: Sehari, 100 Juta Orang Tonton Video Instagram Stories

Bedanya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Buzzfeed, Selasa (22/11/2016), Instagram tidak membikin tautan berisi “undangan” ke live video pengguna untuk disebarkan di media sosial lain semacam Twitter dan Facebook.

Instagram hanya akan memberikan notifikasi ke sebagian teman yang memilih untuk mendapat update posting baru dari pengguna. Teman-teman lain di Instagram akan melihat badge berbunyi “Live” di avatar pengguna di kanal Stories.

Instagram Foto dan video stories bisa ditambahkan di Direct Message. Caranya adalah dengan menyapukan jari ke kanan dari tampilan utama untuk membuka kamera Stories, lalu meng-klik tanda panah di kanan bawah layar.
Usai live streaming, video tidak disimpan dan tidak bisa diputar kembali sehingga benar-benar hanya bisa disaksikan saat berlangsung. Meski demikian, ada fitur pelaporan untuk mencegah penyalahgunaan live streaming.

Instagram turut menambah fitur pengiriman foto dan video yang bisa menghilang lewat pesan teks Instagram Direct. Di tampilan Direct, pengguna bakal melihat deretan icon mirip Stories di bagian atas.

Sedikit berbeda dari Stories, foto dan video instan di Direct ini hanya bisa dilihat sekali sebelum terhapus secara otomatis.

Saat ini, dua fitur baru tersebut belum bisa dinikmati. Keduanya akan mulai disalurkan secara bertahap ke pengguna Instagram di platform iOS dan Android dalam beberapa minggu ke depan.

Baca: Ini Tips Ridwan Kamil agar Foto Instagram Banyak Like

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BuzzFeed

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X