Kompas.com - 22/11/2016, 09:51 WIB
Ilustrasi penetrasi internet dan penggunaannya di peranti mobile. ThinkstockIlustrasi penetrasi internet dan penggunaannya di peranti mobile.
|
EditorPalupi Annisa Auliani


KOMPAS.com
- Jangan heran kalau hari-hari ini banyak orang datang ke warung kopi atau tempat makan malah lebih dulu bertanya soal akses Wi-Fi, bukannya menu.

Fenomena serupa sudah jamak pula merambah tempat-tempat umum lain, dari perpustakaan, taman, hingga bandara.

Kebutuhan mencari akses Wi-Fi ini tak terlepas dari kecenderungan makin lekatnya orang-orang pada teknologi internet. Terlebih lagi, ponsel pintar (smartphone) dengan kemampuan mengakses internet sudah jadi barang lumrah dalam keseharian.

Riset Google terbaru, seperti diunggah lewat situs web www.thinkwithgoogle.com pada September 2016, menguatkan bahwa orang sudah makin intim dengan internet.

Berdasarkan jajak pendapat yang mendapatkan 14.000 respons, riset tersebut mendapati, saat ini orang-orang otomatis meraih ponsel atau gagdet lalu berselancar di dunia maya setiap kali butuh mencari sesuatu.

Karenanya, tak akan aneh lagi bila pengalaman seperti dialami GM Marketing & Communication MyRepublic, Winnie Sularto, saat membawa putranya ke tempat makan terjadi juga di mana-mana.

"Anakku tuh (langsung) cari ada Wi-Fi enggak di sini?" tutur Winnie saat berbincang dengan Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebutuhan Wi-Fi pun tak lagi terbatas sekadar untuk berbincang lewat layanan chat, bermain game online, atau sekadar mendapatkan kabar terbaru dari situs web.

www.thinkwithgoogle.com Tren pencarian menggunakan internet berdasarkan riset Google yang dipublikasikan pada September 2016

Riset Google yang sama mendapati, pengambilan keputusan cepat pun sekarang makin mengandalkan informasi dari laman internet.

Nah, mencari akses Wi-Fi di tempat umum, bisa jadi adalah salah satu cara untuk sedikit menghemat pemakaian kuota internet dari ponsel atau gadget.

Tak perlu lagi ada cerita tiba-tiba komunikasi chat putus karena paket data internet habis, atau malah harus "kentang" tak selesai menonton tontonan dalam jaringan (online) gara-gara alasan yang sama.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.