Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dioprek, Touch Bar MacBook Pro Bisa Jalankan Game "Doom"

Kompas.com - 22/11/2016, 12:46 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechSpot

KOMPAS.com - Touch Bar yang menggantikan deretan tombol function keys di laptop MacBook Pro terbaru bisa menjalankan berbagai fungsi berbeda. Layar sentuh kedua itu ternyata juga bisa dipakai untuk main game.

Hal tersebut dibuktikan oleh engineer Facebook, Adam Bell, yang berhasil memasang dan memainkan game Doom di TouchBar. Sebagai bukti, Bell memajang videonya di YouTube.

Tentu, meski bisa dijalankan, kondisinya tidak ideal karena tampilan game jadi sangat “melar” mengikuti bentuk Touch Bar yang melebar dengan resolusi 2.170 x 60 piksel.

Baca: 7 Hal yang Dibunuh Apple demi MacBook Pro Baru

Doom sendiri adalah game FPS klasik keluaran tahun 1993 yang dirancang untuk dimainkan di layar komputer dengan aspect ratio 4:3.

Dalam percobaan kedua, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechSpot, Selasa (22/11/2016), Bell menampilkan HUD atau kolom berisi informasi health points, amunisi, dan lain-lain dari karakter pemain di game Doom.

Memang tak praktis, tapi setidaknya Bell berhasil menunjukan bahwa Touch Bar bisa dipakai untuk berbagai macam keperluan, termasuk sekadar iseng.

Bagaimana cara Bell menjalankan Doom di Touch Bar? Layar kedua MacBook Pro ini kemungkinan berjalan dengan partisi sendiri di dalam SSD, dan karena itu bisa diprogram ulang dengan mudah.

Konsep tersebut sebenarnya bukan barang baru. Beberapa tahun lalu, komputer Dell pernah memiliki media player (MediaDirect) di partisi terpisah yang bisa dipakai untuk memutar konten tanpa booting OS.

Baca: Tunggu, Jangan Beli MacBook Pro Tahun Ini

Video selengkapnya dari hasil oprekan Bell bisa dilihat di bawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechSpot


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com