Dioprek, Touch Bar MacBook Pro Bisa Jalankan Game "Doom"

Kompas.com - 22/11/2016, 12:46 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Touch Bar yang menggantikan deretan tombol function keys di laptop MacBook Pro terbaru bisa menjalankan berbagai fungsi berbeda. Layar sentuh kedua itu ternyata juga bisa dipakai untuk main game.

Hal tersebut dibuktikan oleh engineer Facebook, Adam Bell, yang berhasil memasang dan memainkan game Doom di TouchBar. Sebagai bukti, Bell memajang videonya di YouTube.

Tentu, meski bisa dijalankan, kondisinya tidak ideal karena tampilan game jadi sangat “melar” mengikuti bentuk Touch Bar yang melebar dengan resolusi 2.170 x 60 piksel.

Baca: 7 Hal yang Dibunuh Apple demi MacBook Pro Baru

Doom sendiri adalah game FPS klasik keluaran tahun 1993 yang dirancang untuk dimainkan di layar komputer dengan aspect ratio 4:3.

Dalam percobaan kedua, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechSpot, Selasa (22/11/2016), Bell menampilkan HUD atau kolom berisi informasi health points, amunisi, dan lain-lain dari karakter pemain di game Doom.

Memang tak praktis, tapi setidaknya Bell berhasil menunjukan bahwa Touch Bar bisa dipakai untuk berbagai macam keperluan, termasuk sekadar iseng.

Bagaimana cara Bell menjalankan Doom di Touch Bar? Layar kedua MacBook Pro ini kemungkinan berjalan dengan partisi sendiri di dalam SSD, dan karena itu bisa diprogram ulang dengan mudah.

Konsep tersebut sebenarnya bukan barang baru. Beberapa tahun lalu, komputer Dell pernah memiliki media player (MediaDirect) di partisi terpisah yang bisa dipakai untuk memutar konten tanpa booting OS.

Baca: Tunggu, Jangan Beli MacBook Pro Tahun Ini

Video selengkapnya dari hasil oprekan Bell bisa dilihat di bawah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechSpot


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.