Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2017, Google Pensiunkan Android "Gingerbread" dan "Honeycomb"

Kompas.com - 22/11/2016, 14:25 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Tahun depan, keluarga Android akan kehilangan dua "orang tua". Google mengumumkan Android 2.3 Gingerbread dan 3.0 Honeycomb bakal pensiun pada periode awal 2017. Tanggal pastinya akan diumumkan menyusul.

Dengan dipensiunkannya dua sistem operasi tersebut, maka Google juga akan menghentikan dukungannya, termasuk dukungan di toko aplikasinya, Play Store.

Dua versi Android itu secara berurutan telah beroperasi selama 5 tahun dan 6 tahun di perangkat-perangkat Android. Inilah waktu yang dirasa tepat bagi Google Play untuk menghentikan dukungan pada dua sistem operasi lawas tersebut.

Gingerbread sendiri digadang-gadang sebagai versi Android legendaris sepanjang masa, sebagaimana dilaporkan Slashgear dan dihimpun KompasTekno, Selasa (22/11/2016),

Saat diluncurkan pertama kali pada 2010 lalu, banyak perubahan signifikan yang dibawa Gingerbread. Dukungan kamera depan untuk selfie adalah salah satu yang paling fenomenal.

Ada juga kemampuan memencet keyboard virtual secara berbarengan alias multitouch, serta antarmuka simpel nan elegan yang masih dipertahankan hingga sekarang.

Bahkan, ketika Android Jelly Bean (4.1 dan 4.3) muncul tahun 2012, masih ada beberapa vendor yang meluncurkan perangkatnya dengan versi Gingerbread. Meski, versi-versi itu umumnya untuk pasar low-end.

Hingga sekarang, Gingerbread masih terdistribusi pada 1,3 persen perangkat Android. Persentase serupa digenggam versi Ice Cream Sandwich yang masih akan didukung dalam waktu lebih lama.

Sementara itu, Honeycomb memang kerap dinobatkan sebagai produk gagal. Diluncurkan pada Februari 2011, kiprahnya cepat digantikan Android 4.0 Ice Cream Sandwich pada Oktober di tahun yang sama.

Honeycomb memang sudah hampir punah pada pertengahan 2014. Persentasenya sangat kecil dan barangkali tak bakal berdampak pada pengguna ketika dihapus nanti.

Pengumuman Google mengartikan bahwa Android yang lebih lama dari Ice Cream Sandwich akan tutup usia. Pabrikan Mountain View itu tak menyebut tanggal pasti, hanya saja awal 2017 bisa diasumsikan pada kuartal pertama, yakni periode Januari hingga Maret.

Bagi Anda yang masih menggunakan sistem operasi lawas, sebaiknya segera memperbarui ke versi yang lebih baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com