Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Indosat dan IBM Atasi Semrawutnya Perangkat "IoT"

Kompas.com - 22/11/2016, 16:35 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indosat bekerja sama dengan IBM membuat sebuah platform Internet of Things (IoT). Platform ini berfungsi sebagai medium tunggal yang berguna untuk menyatukan berbagai perangkat IoT.

“Biasanya perangkat IoT memiliki platform berbeda-beda, sesuai dengan peruntukannya. NexThing ini bisa dipakai menyatukan dan me-manage semua peralatan tersebut sekaligus, jadi terintegrasi,” jelas CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli di acara ICT Conference di Jakarta, Selasa (22/11/2016).

“Platform seperti ini sebenarnya belum ada di Indonesia, padahal ini sangat dibutuhkan. Karena itu kami bekerja sama dengan IBM untuk membuatnya,” imbuh Alex.

Dia menjelaskan, IoT merupakan salah satu tren perangkat yang sedang berkembang di Indonesia dan berbagai negara lain. Namun karena tidak ada platform tunggal, pengawasan serta manajemen alat-alat ini menjadi terkesan semrawut dan sulit diatur.

Perbedaan platform juga membuat perangkat IoT jadi rentan serangan cyber. Dan saat terkena, Penanganan yang dibutuhkan masing-masing platform pun bisa jadi berbeda, sehingga memperbesar potensi bahaya.

Chief Enterprise and Wholesale Indosat, Herfini Haryono mencontohkan kondisi semrawut ini dalam konteks smart city. Perwujudan smart city membutuhkan dukungan dari berbagai solusi berbeda, misalnya alat untuk analisa banjir, sampah hingga soal pemantau kendaraan.

Masing-masing alat tersebut umumnya dibuat dalam platform berbeda-beda. Artinya, semakin banyak solusi yang digunakan akan semakin banyak platform yang dipakai, sekaligus membutuhkan cara penanganan berbeda.

“Ini bisa membuat pusing. Nah, karena itu kami menawarkan satu platform yang bisa dipakai memonitor berbagai IoT berbeda. Jadi ketiga hal itu (banjir, sampah, pantauan kendaraan) bisa disusun dalam tiga lapisan dan ditampilkan sesuai kebutuhan,” jelas Herfini.

Indosat optimis

Alex mengakui bahwa saat ini pendapatan yang diperoleh dari segmen bisnis IoT masih kecil. Namun dia yakin dalam perkembangannya di masa mendatang, tren IoT akan membesar dan perolehan dari bisnis ini juga otomatis bertambah.

“Investasi pengembangan bisnis ini tidak bisa kami sebutkan. Tapi ya, investasi itu lebih pada incremental saja, sudah jadi bagian dari networks,” ujarnya.

“IoT ini akan terus tumbuh. Bayangkan saja, setiap ada orang yang beli jam digital lalu terhubung ke network, maka IoT itu tumbuh,” pungkas Alex.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com