Kompas.com - 22/11/2016, 18:03 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Bagi pecinta Apple, nama Jonathan "Jony" Ive seharusnya sudah tidak asing lagi. Dialah otak di balik desain-desain keren darii berbagai perangkat hardware keluaran Apple.

Dari coretan tangannya, lahir desain menawan produk-produk ikonik Apple, seperti iMac, MacBook, iPod, iPhone, dan iPad. Jabatannya di Apple saat ini adalah Chief Design Officer.

Meski masih menjadi petinggi Apple, Ive belakangan ini dikabarkan sudah tidak terlalu terlibat untuk urusan desain fisik hardware atau gadget, alias pensiun mendesain gadget. Ive memang masih mengurusi hal desain, tetapi lebih terkait soal arsitektur.

Baca: Jonathan Ive, Otak di Balik Keindahan Produk Apple

Ive dikabarkan lebih banyak menghabiskan waktunya mendesain kampus "UFO" Apple dan toko retail Apple. Ive dikatakan banyak bekerja dengan petinggi Apple di bidang retail, Angela Arhendts.

Informasi mengenai berkurangnya peran Ive dalam rancanan desain produk Apple sendiri dibeberkan oleh Jason Snell dalam sebuah wawancara. Snell merupakan pendiri dari situs media khusus Apple, SixColors.

Jika kabar itu benar, sebagaimana KompasTekno rangkum dari PhoneArena, Selasa (22/11/2016), kemungkinan besar desain gadget masa depan Apple sudah tidak diurusi lagi oleh Ive. Artinya, iPhone 8 bakal menjadi iPhone pertama yang tidak didesain oleh Ive. Patut ditunggu, desain perangkat selepas ini.

Ive sendiri dikabarkan bakal segera pensiun. Dugaan tersebut muncul setelah melihat Ive yang semakin jarang muncul di acara peluncuran. Ia juga jarang menghadiri acara peluncuran besar Apple, meski masih punya jabatan tinggi.

Ive sendiri merupakan desainer kawakan Apple. Desain-desain produk buatan Ive banyak mendapatkan pengakuan Steve Jobs, pendiri Apple yang terbilang cerewet untuk masalah desain. Ive dan Jobs sendiri memang bersahabat.

Baca: Kisah Jony Ive yang Takut Dipecat Apple

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.