Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin VR Microsoft Tidak Butuh Spesifikasi PC Tinggi

Kompas.com - 23/11/2016, 07:02 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft sedang mengembangkan platform virtual reality (VR) sendiri agar bisa berjalan di OS Windows 10, yakni Windows Holographic. Kabarnya, spesifikasi komputer untuk menjalankan mesin VR bikinan Microsoft ini tidak perlu terlalu tinggi.

Berbeda dengan platform HTC Vive atau Oculus Rift, yang dikatakan butuh spesifikasi PC tinggi untuk menjalankannya, Windows 10 VR ternyata hanya butuh PC kelas menengah.

Hal itu terungkap setelah Microsoft merilis build terbaru untuk Windows 10 yang di dalamnya aplikasi "Windows Holographic First Run". Aplikasi itu berguna untuk menguji apakah PC kita bisa menjalankan Windows Holographic atau tidak.

Menurut The Verge, seperti dikutip KompasTekno, Rabu (23/11/2016), setelah menjalankan aplikasi tersebut, sistem minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan Holographic adalah:

  • RAM 4 GB
  • Port USB 3.0
  • Kartu grafis yang mendukung DirectX 12
  • CPU 4 core, termasuk prosesor dual-core dengan hyperthreading

Spesifikasi tersebut tergolong menengah untuk PC. Lebih terjangkau daripada spesifikasi PC yang dibutuhkan untuk HTC Vive atau Oculus Rift yang harganya bisa mencapai 1.500 dollar AS.

Alex Kipman, Head of HoloLens Project Microsoft pernah mengatakan bahwa lini headset VR yang ditawarkan Microsoft akan memiliki perbedaan pengalaman yang ditawarkan, dengan harga yang berbeda-beda pula.

Baca: Membandingkan Microsoft HoloLens dan Facebook Oculus Rift

"Ada bedanya jika Anda ingin main Halo atau cuma ingin main Solitaire, agar bisa memainkan semuanya paling tidak butuh PC seharga 1.500 dollar AS, kami ingin membuatnya lebih murah," kata Alex.

Microsoft sendiri akan memberikan detail lebih banyak lagi tentang proyek headset VR-nya itu dalam sebuah acara pada Desember mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com