Kompas.com - 23/11/2016, 07:02 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Microsoft sedang mengembangkan platform virtual reality (VR) sendiri agar bisa berjalan di OS Windows 10, yakni Windows Holographic. Kabarnya, spesifikasi komputer untuk menjalankan mesin VR bikinan Microsoft ini tidak perlu terlalu tinggi.

Berbeda dengan platform HTC Vive atau Oculus Rift, yang dikatakan butuh spesifikasi PC tinggi untuk menjalankannya, Windows 10 VR ternyata hanya butuh PC kelas menengah.

Hal itu terungkap setelah Microsoft merilis build terbaru untuk Windows 10 yang di dalamnya aplikasi "Windows Holographic First Run". Aplikasi itu berguna untuk menguji apakah PC kita bisa menjalankan Windows Holographic atau tidak.

Menurut The Verge, seperti dikutip KompasTekno, Rabu (23/11/2016), setelah menjalankan aplikasi tersebut, sistem minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan Holographic adalah:

  • RAM 4 GB
  • Port USB 3.0
  • Kartu grafis yang mendukung DirectX 12
  • CPU 4 core, termasuk prosesor dual-core dengan hyperthreading

Spesifikasi tersebut tergolong menengah untuk PC. Lebih terjangkau daripada spesifikasi PC yang dibutuhkan untuk HTC Vive atau Oculus Rift yang harganya bisa mencapai 1.500 dollar AS.

Alex Kipman, Head of HoloLens Project Microsoft pernah mengatakan bahwa lini headset VR yang ditawarkan Microsoft akan memiliki perbedaan pengalaman yang ditawarkan, dengan harga yang berbeda-beda pula.

Baca: Membandingkan Microsoft HoloLens dan Facebook Oculus Rift

"Ada bedanya jika Anda ingin main Halo atau cuma ingin main Solitaire, agar bisa memainkan semuanya paling tidak butuh PC seharga 1.500 dollar AS, kami ingin membuatnya lebih murah," kata Alex.

Microsoft sendiri akan memberikan detail lebih banyak lagi tentang proyek headset VR-nya itu dalam sebuah acara pada Desember mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.