Layar iPhone Masa Depan Bisa Dilipat?

Kompas.com - 23/11/2016, 14:34 WIB
Perbandingan tampak depan iPhone 7 dan 6S Ars TechnicaPerbandingan tampak depan iPhone 7 dan 6S
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pekan ini, Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) memberikan hak paten atas sebuah rancangan ponsel lipat kepada Apple. Mungkinkah di masa depan Apple bakal membuat layar iPhone yang bisa dilipat?

Dalam dokumen paten, teknologi yang dinamakan “Perangkat display fleksibel” itu dideskripsikan memiliki layar OLED fleksibel dan sejumlah komponen pendukung seperti engsel.

Layar perangkat bisa dilipat di bagian tengah apabila sedang tidak digunakan, mirip desain flip phone yang populer dulu. Bedanya, seluruh permukaannya merupakan layar OLED, bukan layar dan tombol fisik.

Apple/ USPTO Ilustrasi perangkat dengan layar lipat dalam dokumen paten yang diajukan Apple ke USPTO.
Perangkat bisa diatur agar menyimpan komponen yang berbeda di dua area lipatannya. Sisi atas misalnya, dapat dipasangi dengan modul kamera, pengatur kecerahan layar, dan sensor cahaya,

Sementara di sisi bawah bisa dipasangi unit prosesor, mikrofon, penggetar ponsel, dan komponen-komponen hardware lainnya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Rabu (23/11/2016), boleh jadi paten ini merupakan cikal-bakal "iPhone lipat”, meski perwujudannya bisa berupa perangkat elektronik lain di luar ponsel.

Apple memang dirumorkan bakal merilis iPhone dengan layar OLED flaksibel di 2017, namun bentuknya kemungkinan bakal tetap sama dengan model-model terdahulu. Selain Apple, sejumlah pabrikan gadget lain juga telah menunjukkan ketertarikan terhadap konsep serupa.

Lenovo bahkan telah memamerkan purwarupa smartphone layar fleksibelnya pertengahan tahun ini. Smartphone tersebut bisa ditekuk layarnya dan berfungsi sebagai gelang pintar juga. Sementara Samsung juga memiliki paten ponsel lipat mirip dompet.

Namun perlu diingat, teknologi yang dipatenkan belum tentu diwujudkan sebagai produk jadi.



Sumber CNET
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X