Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar iPhone Masa Depan Bisa Dilipat?

Kompas.com - 23/11/2016, 14:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Pekan ini, Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) memberikan hak paten atas sebuah rancangan ponsel lipat kepada Apple. Mungkinkah di masa depan Apple bakal membuat layar iPhone yang bisa dilipat?

Dalam dokumen paten, teknologi yang dinamakan “Perangkat display fleksibel” itu dideskripsikan memiliki layar OLED fleksibel dan sejumlah komponen pendukung seperti engsel.

Layar perangkat bisa dilipat di bagian tengah apabila sedang tidak digunakan, mirip desain flip phone yang populer dulu. Bedanya, seluruh permukaannya merupakan layar OLED, bukan layar dan tombol fisik.

Apple/ USPTO Ilustrasi perangkat dengan layar lipat dalam dokumen paten yang diajukan Apple ke USPTO.
Perangkat bisa diatur agar menyimpan komponen yang berbeda di dua area lipatannya. Sisi atas misalnya, dapat dipasangi dengan modul kamera, pengatur kecerahan layar, dan sensor cahaya,

Sementara di sisi bawah bisa dipasangi unit prosesor, mikrofon, penggetar ponsel, dan komponen-komponen hardware lainnya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Rabu (23/11/2016), boleh jadi paten ini merupakan cikal-bakal "iPhone lipat”, meski perwujudannya bisa berupa perangkat elektronik lain di luar ponsel.

Apple memang dirumorkan bakal merilis iPhone dengan layar OLED flaksibel di 2017, namun bentuknya kemungkinan bakal tetap sama dengan model-model terdahulu. Selain Apple, sejumlah pabrikan gadget lain juga telah menunjukkan ketertarikan terhadap konsep serupa.

Lenovo bahkan telah memamerkan purwarupa smartphone layar fleksibelnya pertengahan tahun ini. Smartphone tersebut bisa ditekuk layarnya dan berfungsi sebagai gelang pintar juga. Sementara Samsung juga memiliki paten ponsel lipat mirip dompet.

Namun perlu diingat, teknologi yang dipatenkan belum tentu diwujudkan sebagai produk jadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com