Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Sengaja Bikin Android V20 Tidak Anti-air, Mengapa?

Kompas.com - 23/11/2016, 19:05 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Smartphone premium yang beredar belakangan ini, seperti Galaxy S7 dan iPhone 7, sudah dilengkapi dengan fitur anti-air. Uniknya, LG memutuskan untuk tidak menghadirkan fitur tersebut di flagship terbarunya, V20. Mengapa?

Ada beberapa alasan mengapa LG memutuskan tidak memberikan fitur anti-air di V20. Pertama, LG V20 memiliki desain yang berbeda dari ponsel premium lainnya. Produk ini tidak menggunakan desain unibody.

Kedua, casing atau penutup belakang LG V20 bisa dibuka. Pengguna bisa melepas dan mengganti baterai smartphone dengan mudah. Akses kartu SIM dan microSD juga tersembunyi di balik casing logam belakangnya.

Nah, atas alasan itulah LG memutuskan untuk tidak menghadirkan fitur anti-air di V20. Bodi yang non-unibody memang membuat LG mustahil membekali V20 dengan kemampuan tersebut.

"Kemampuan tahan air memang bagus. Tapi, dengan menggunakan fitur tersebut, V20 jadi tidak bisa diganti baterainya," ujar Hee Gyun Jang, Head of LG Mobile Communications Indonesia kepada KompasTekno setelah acara peluncuran V20 di Jakarta, Rabu (23/11/2016).

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Cover belakang V20 terbuat dari bahan logam yang terasa kokoh dan tidak gampang melengkung. Terlihat perangkat ini hanya memiliki satu slot SIM card. Untuk versi Indonesia nanti akan disediakan dua slot SIM card.
Baca: Membuka Kemasan Android “Layar Ganda” LG V20 di Jakarta

Sengaja dikorbankan

Menurut LG, pihaknya sengaja mengorbankan kemampuan tahan air. Pasalnya, fitur mengganti baterai dinilai lebih dibutuhkan. "Di Indonesia, (pengguna) lebih suka baterai yang bisa diganti," aku Jang.

Meski tidak tahan air, Jang membeberkan V20 punya bodi yang tangguh. Perangkat tersebut menggunakan logam AL6013 yang biasa digunakan pada komponen-komponen pesawat terbang.

Ketika tak sengaja terjatuh, bagian atas dan bawah V20 dikatakan tahan benturan karena menggunakan bahan Silicone Polycarbonate.

LG V20 memiliki layar 5,7 inci Quad HD, SoC Snapdragon 820, RAM 4 GB, dan media penyimpanan 64 GB yang bisa diperluas hingga 2 TB. Smartphone ini juga memiliki kamera ganda 16 megapiksel dan 8 megapiksel di bagian belakang. Di bagian depan, terdapat kamera 5 megapiksel.

LG V20 menjalankan sistem operasi Android 7.0 "Nougat". Smartphone flagship terbaru LG ini dan sudah bisa dipesan di beberapa situs e-commerce di Indonesia mulai November 2016.

Baca: Berapa Harga Smartphone LG V20 di Indonesia?


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com