Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stres, "YouTuber" Terkaya Pensiun Sementara

Kompas.com - 24/11/2016, 07:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com — Semua orang bisa merasa stres dan kelelahan, termasuk juga bintang YouTube terpopuler sejagat, Felx Kjellberg alias PewDiePie.

Pekan ini, Kjellberg mengumumkan bahwa dia akan “pensiun sementara” dari kegiatan vlogging harian. Alasannya, ia merasa tak mampu menghadapi jadwal aktivitas yang sangat padat.

Hal tersebut disampaikannya dalam video YouTube berjudul I Quit (for Now). Saat ini, Kjellberg sedang berada di Los Angeles, Amerika Serikat, untuk shooting video seri YouTube Scare PewDiePie musim kedua.

“Saya membuat show itu, lalu vlog harian dan Revelmode (jaringan kreator yang ikut diprakarsai Kjellberg)… rasanya sudah terlalu banyak,” ujarnya dalam video.

“Semua orang merasa stres dengan vlog dan saya pikir kesenangan membuatnya sudah hilang. Kalau dipaksakan dan tidak menyenangkan, lalu buat apa dilanjutkan?” lanjut dia.

Baca: PewDiePie, Jadi Jutawan Cuma dengan Main Game

Kjellberg adalah YouTuber dengan jumlah subscriber tertinggi, mencapai kisaran 49 juta akun. Gamer asal Swedia ini tahun lalu juga tercatat sebagai YouTuber terkaya dengan penghasilan tahunan sebesar 12 juta dollar AS (Rp 161 miliar).

Dari 22 vlog yang sedianya akan dibuat di Los Angeles, Kjellberg mengatakan baru selesai merekam 14 video sebelum memutuskan untuk berhenti, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Kamis (24/11/2016).

“Saya pikir saya cukup tahan stres, tetapi keadaannya menjadi lebih buruk,” kata Kjellberg.

“Saya tak bisa terus membikin vlog selagi berada di sini,” imbuhnya.

Kepada penggemarnya, Kjellberg meminta maaf dan berjanji akan segera kembali membuat video seperti sedia kala dalam waktu seminggu ke depan.

PewDiePie menjadi YouTuber terkenal kedua yang memutuskan untuk beristirahat. Sebelumnya, sudah ada Casey Neistat yang mengatakan bakal berhenti nge-vlog.

Baca: Punya 5 Juta Subscribers, Casey Neistat Malah Berhenti Bikin Vlog

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com