Airbus Serahkan 3 Helikopter AS565 Pesanan TNI AL

Kompas.com - 24/11/2016, 12:31 WIB
Tiga dari sebelas helikoter AS565 MBe Panther pesanan Indonesia dikirim ke PT Dirgantara Indonesia. Airbus HelicoptersTiga dari sebelas helikoter AS565 MBe Panther pesanan Indonesia dikirim ke PT Dirgantara Indonesia.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Airbus Helicopters mengirimkan tiga helikopter anti-kapal selam, AS565 MBe Panther, kepada Indonesia. Ketiga helikopter tersebut merupakan bagian dari 11 heli AS565 yang dipesan oleh Pemerintah Indonesia untuk memperkuat alutsista TNI Angkatan Laut ( TNI AL).

Upacara serah terima tiga helikopter ini dilangsungkan di markas Airbus Helicopters di Marignane, Perancis, Rabu (23/11/2016). Pihak Indonesia diwakili oleh utusan Kementerian Pertahanan dan petinggi TNI AL.

Selanjutnya, ketiga AS565 MBe Panther itu akan dikirim ke rekanan Airbus Helicopters di Indonesia, PT Dirgantara Indonesia (PT DI). Nantinya, pihak penerima akan merakit dan memasang peranti anti-submarine warfare (ASW), termasuk sonar dan sistem peluncur misil.

"Kami senang bisa menyaksikan serah terima tiga AS656 MBe pertama untuk rekanan kami. Helikopter ini bisa meningkatkan kemampuan TNI AL, terutama dalam misi anti-kapal selam," kata Janick Blanc, Head of the Panther Programme, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (24/11/2016).

Sisa pesanan AS565 MBe Panther Indonesia akan dikirim oleh Airbus Helicopters secara bertahap hingga 2018 nanti.   

Indonesia diketahui melakukan pemesanan 11 helikopter AS565 MBe Panther di ajang Indodefence 2014 lalu. Perjanjian kerja sama itu menyebut AS 565 MBe Panther akan dikirim secara bertahap dalam waktu tiga tahun.

Kerja sama juga dilakukan dengan PT DI dalam hal perakitan dan pemasangan peranti pendukung sesuai kebutuhan, sebelum dikirim ke TNI AL. Beberapa peranti anti-kapal selam yang bakal diusung AS565 MBe Panther TNI AL antara lain diping sonar Helicopter Long-Range Active Sonar (Helras) dan sistem peluncur misil yang terpasang di sisi helikopter.

Program MBe Panther dengan Indonesia ini menjadi kerja sama terbaru antara Indonesia dan PT DI. Pada November ini, keduanya bakal merayakan 40 tahun kerja sama. Hingga kini, Airbus Helicopters dan pabrik perakitan PT DI di Bandung telah mengirimkan sekitar 190 helikopter bersama-sama.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X