Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Janjikan Insentif kalau Apple Bikin Pabrik di AS

Kompas.com - 24/11/2016, 15:23 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Selama masa kampanye, Presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump, kerap menyinggung soal bisnis Apple. Menurut Trump, Apple seharusnya memproduksi produk-produknya di Negara Adikuasa, bukan di China atau Vietnam.

Untuk membujuk Apple, Trump pun menjanjikan insentif dengan nominal yang belum diungkap. Hal itu diceritakan Trump dalam sebuah wawancara, pasca berbicara empat mata dengan CEO Apple, Tim Cook, via telepon.

Menurut Trump, Cook yang pertama menelponnya untuk mengucapkan selamat karena telah memenangi Pemilihan Presiden AS 2016. Selanjutnya, Trump mengarahkan obrolan ke bisnis Apple.

"Saya bilang, 'Tim, salah satu hal yang bakal jadi pencapaian bagi saya adalah ketika Apple membangun pabrik besarnya di Amerika Serikat ketimbang di China, Vietnam, atau tempat-tempat lain. Kau bikin produk di sini (AS)'," Trump mencontohkan, sebagaimana dilaporkan Cnet, dan dihimpun KompasTekno, Kamis (24/11/2016).

Baca: Trump Menang, Bos Apple Kirim Surat kepada Karyawan

Menurut sang Presiden, Cook paham dengan keinginan Trump. Bahkan, Trump menyebut Cook tampak antusias dan gembira. Kandidat asal Partai Republikan itu pun memberikan penawaran menarik, yakni insentif.

"Saya pikir, kami akan memberikan insetif untukmu (Apple). Kami akan memangkas pajak korporasi dan Anda (Cook) akan suka," kata Trump pada Cook.

Meski demikian, tawaran Trump belum bisa menyelesaikan persoalan lain yang paling utama. Jika Apple diproduksi di AS, biaya produksinya akan membengkak.

Untuk standar upah pekerja AS saja jauh lebih tinggi ketimbang pekerja China. Selama ini China pun digadang-gadang sebagai produsen perangkat elektronik termurah di dunia.

Trump pun menjanjikan solusi untuk itu. Miliarder tersebut sesumbar bakal melakukan deregulasi dalam banyak hal.

Versi Trump soal perbincangannya dengan Cook belum dikonfirmasi Apple.

Sebelumnya, ada selentingan kabar yang menyebut Apple memang berencana memindahkan fasilitas produksinya ke AS. Menurut sumber yang familiar dengan rencana itu, Apple telah membujuk Foxconn agar mau pindah ke AS.

Foxconn adalah rekanan manufaktur utama Apple dalam memproduksi lini iPhone. Terkait isu ini, baik Apple dan Foxconn belum membenarkan.

Baca: Gerahnya Timeline Facebook Pasca-Donald Trump Jadi Presiden

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com