Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2016, 09:05 WIB
|
EditorDeliusno

BANDUNG, KOMPAS.com - Menyambut momen hari raya Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, operator seluler Telkomsel menyiapkan sejumlah langkah agar layanannya tetap prima. Beberapa di antaranya seperti menambah jumlah base transceiver station (BTS) dan menggelar layanan mobile.

Telkomsel pun memprediksi jumlah lalu lintas data di kedua momen akhir tahun tersebut akan meningkat. Jumlah peningkatakn diperkirakan dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Vice President Network Management, Paulus Djatmiko, mengatakan, Telkomsel menyiapkan 723 BTS baru yang tersebar di berbagai titik-titik keramaian. BTS tersebut mayoritas merupakan BTS 3G.

“Tahun ini kita siapkan 723 BTS baru, tahun lalu hanya 687 BTS saja, konsentrasinya ada di 665 hotspot (titik keramaian),” ujar Paulus di sela acara jumpa media di Bandung, Kamis (24/11/2016).

Dari 723 BTS tersebut, 124 di antaranya merupakan BTS 2G, 463 BTS 3G, dan 136 BTS 4G. Sementara itu, ada 12 titik-titik keramaian yang menjadi perhatian Telkomsel, tersebar di kota Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, dan Ambon.

Untuk lalu lintas data dan suara sepanjang momen natal dan tahun baru, Paulus memprediksi tahun ini lalu lintas data di kedua momen akhir tahun itu akan meningkat. Setidaknya mencapai lebih dari dua kali liat, yakni sekitar 128,77 persen.

Lalu lintas suara dan SMS turun

Jumlah lalu lintas panggilan suara sendiri tahun ini diprediksi mencapai 1,568 miliar unit. Meski terlihat besar, menurut Paulus sejatinya angka tersebut turun 2,89 persen dibandingkan traffic di periode Natal dan Tahun Baru 2015.

Berbeda dengan layanan data, lalu lintas layanan SMS juga diprediksi Telkomsel akan turun sekitar 14,21 persen tahun ini. Sementara jumlah pelanggan aktif di periode tersebut diklaim akan meningkat sebesar 41 persen.

Telkomsel sendiri pada pergantian tahun baru 2016 lalu mengklaim jumlah lalu lintas datanya naik sebesar tembus 2.000 Terabyte dibandingkan hari biasa. Sementara traffic suara meningkat menjadi 1,64 miliar menit, atau naik 6,4 persen dibandingkan hari biasa.

Sedangkan trafik SMS tahun lalu sebanyak 1,04 miliar SMS atau naik 18,8 persen dibandingkan dengan trafik normal hari biasa.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah di kesempatan yang sama mengatakan, Telkomsel juga akan menyiagakan pusat-pusat layanan mobile-nya di area-area yang padat trafficnya, selama Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, demi menjaga agar layanannya tetap prima.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.