Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Bersiap Caplok Divisi PC Samsung?

Kompas.com - 25/11/2016, 09:36 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Samsung telah resmi menjual bisnis printer miliknya ke HP senilai 1 miliar dollar AS beberapa bulan lalu. Kini giliran unit bisnis PC milik Samsung yang dikabarkan bakal dilego ke raksasa China, Lenovo.

Nilai bisnis PC Samsung diperkirakan bisa mencapai kisaran 1 triliun Won atau 850 juta dollar AS (Rp 11,5 triliun). Meski begitu, pendapatan unit bisnis PC Samsung ini jarang diungkapkan melalui perincian secara mendetil sehingga nilai pastinya sulit ditakar.

Laporan yang dirangkum KompasTekno dari The Investor, Jumat (25/11/2016) menyebutkan bahwa kedua pihak sedang melancarkan negosiasi melalui penasihat hukum masing-masing.
Pun demikian, sejauh ini belum ada komentar resmi dari Samsung maupun Lenovo.

Baca: HP Resmi Beli Bisnis Printer Samsung Rp 13,8 Triliun

Lenovo diketahui merupakan pabrikan PC terbesar di dunia. Pangsa pasarnya mencapai 21,3 persen dengan volume pengapalan global sebesar 14 juta unit, menurut data kuartal III 2016 dari IDC.

Oleh karena itu, raksasa elektronik China tersebut memiliki posisi kuat apabila ingin mencaplok unit bisnis PC Samsung.

Samsung sendiri tengah berupaya melakukan restrukturisasi perusahaan dengan berfokus pada unit-unit bisnis unggulan dan menutup usaha yang kurang berkembang.

Unit bisnis printer yang dilego ke HP merupakan salah satu usaha yang dinilai kurang berkembang ini. Apakah unit bisnis PC Samsung akan segera menyusul?

Baca: Caplok Perusahaan Audio Harman, Samsung Mau Apa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com