Kompas.com - 25/11/2016, 09:36 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Samsung telah resmi menjual bisnis printer miliknya ke HP senilai 1 miliar dollar AS beberapa bulan lalu. Kini giliran unit bisnis PC milik Samsung yang dikabarkan bakal dilego ke raksasa China, Lenovo.

Nilai bisnis PC Samsung diperkirakan bisa mencapai kisaran 1 triliun Won atau 850 juta dollar AS (Rp 11,5 triliun). Meski begitu, pendapatan unit bisnis PC Samsung ini jarang diungkapkan melalui perincian secara mendetil sehingga nilai pastinya sulit ditakar.

Laporan yang dirangkum KompasTekno dari The Investor, Jumat (25/11/2016) menyebutkan bahwa kedua pihak sedang melancarkan negosiasi melalui penasihat hukum masing-masing.
Pun demikian, sejauh ini belum ada komentar resmi dari Samsung maupun Lenovo.

Baca: HP Resmi Beli Bisnis Printer Samsung Rp 13,8 Triliun

Lenovo diketahui merupakan pabrikan PC terbesar di dunia. Pangsa pasarnya mencapai 21,3 persen dengan volume pengapalan global sebesar 14 juta unit, menurut data kuartal III 2016 dari IDC.

Oleh karena itu, raksasa elektronik China tersebut memiliki posisi kuat apabila ingin mencaplok unit bisnis PC Samsung.

Samsung sendiri tengah berupaya melakukan restrukturisasi perusahaan dengan berfokus pada unit-unit bisnis unggulan dan menutup usaha yang kurang berkembang.

Unit bisnis printer yang dilego ke HP merupakan salah satu usaha yang dinilai kurang berkembang ini. Apakah unit bisnis PC Samsung akan segera menyusul?

Baca: Caplok Perusahaan Audio Harman, Samsung Mau Apa?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.