iPhone 8 Bakal Pakai Kamera 3D?

Kompas.com - 25/11/2016, 17:05 WIB
iPhone 7 Plus dan iPhone 7 warna jet black atau hitam glossy AppleiPhone 7 Plus dan iPhone 7 warna jet black atau hitam glossy
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Penyematan kamera ganda dan enam elemen lensa pada iPhone 7 menunjukkan peningkatan teknologi fotografi yang signifikan dari Apple. Tak berhenti sampai di situ, pabrikan Cupertino sudah menyiapkan inovasi baru untuk kamera iPhone selanjutnya.

Menurut sumber dalam yang enggan disebut identitasnya, Apple bekerja sama dengan LG Innotek untuk mengembangkan modul kamera smartphone yang mendukung fotografi 3D.

Jika benar, pengguna nantinya bisa membidik banyak foto sekaligus di iPhone untuk dijadikan kesatuan visual dalam 3D. Foto bisa digeser hingga 360 derajat, layaknya foto yang dihasilkan kamera 360.

Tapi perlu diingat, bayangan akan teknologi kamera 3D tersebut baru berupa asumsi. Sumber dalam Apple belum mengungkap mekanisme detil dari teknologi kamera 3D yang hendak dikembangkan Apple. Ia cuma mengindikasikan bahwa teknologi itu bakal dimulai pada iPhone keluaran 2017.

"Apple sedang mengkaji bagaimana menyematkan teknologi kamera 3D bersama dengan LG Innotek. Keduanya akan melahirkan sesuatu yang baru tahun depan," kata sumber, sebagaimana dilaporkan TheNextWeb dan dihimpun KompasTekno, Jumat (25/11/2016).

Baca: Trump Janjikan Insentif kalau Apple Bikin Pabrik di AS

Kerja sama dengan LG Innotek bukanlah hal baru bagi Apple. Lensa kamera ganda pada iPhone 7 Plus sejatinya menggunakan teknologi solusi dari LG Innotek. Namun, terkait kemitraan untuk kamera iPhone 8, belum ada konfirmasi dari Apple maupun LG Innotek.

Diketahui, iPhone 8 memang digembar-gemborkan bakal jadi perangkat yang benar-benar berbeda. CEO Apple Tim Cook bahkan pernah menyebut iPhone keluaran 2017 sebagai ponsel yang tak pernah terbayangkan dan mampu menyelesaikan masalah manusia modern.

Beberapa bocoran soal iPhone 8 antara lain dukungan fitur-fitur dalam 2D dan 3D sebagai gimik Augmented Reality (AR), desain tanpa bezel, dan layar melengkung. Semua isu itu belum bisa ditelan mentah-mentah, sebab kebenarannya baru diketahui tahun depan. 

Baca: Apple dan Google Diminta Hapus Aplikasi Uber



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X