Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Bentuk iPhone 8, Apple Bikin 10 Prototipe

Kompas.com - 29/11/2016, 11:52 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Akan seperti apa bentuk dari iPhone 8? Hingga saat ini, tidak ada yang tahu. Bahkan, Apple, sang pembuat iPhone, pun dikatakan masih belum memutuskan desainnya.

Menurut laporan dari media Wall Street Journal (WSJ), hingga saat ini, Apple masih menguji lebih dari 10 purwarupa atau prototipe iPhone 8. Banyaknya jumlah prototipe tersebut memperlihatkan kalau Apple masih kebingungan memilih desain yang tepat untuk iPhone generasi berikutnya itu.

Tentunya, Apple tidak akan merilis 10 model purwarupa tersebut. Perusahaan asal Cupertino itu dikatakan akan memilih dua atau tiga model untuk diluncurkan tahun depan.

Lantas, purwarupa seperti apa yang sedang diuji oleh Apple? Berdasarkan keterangan yang dihimpun oleh WSJ, pengujian Apple tahun ini banyak dipusatkan di layar berjeniskan OLED dengan sisi melengkung, mirip Galaxy S7 Edge.

Apple sendiri, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Selasa (29/11/2016), telah meminta pemasok untuk meningkatkan produksi dari layar OLED dan meminta purwarupa layar yang memiliki dukungan resolusi lebih tinggi dari layar buatan Samsung.

Saat ini, dukungan resolusi maksimal layar Samsung, misalnya di Galaxy S7 Edge, adalah Quad HD 1.440 x 2.560. Jadi, apakah Apple bakal merilis perangkat dengan dukungan resolusi yang lebih tinggi lagi?

Hingga saat ini, Apple memang masih belum meninggalkan materi layar LCD dari gadget iPhone-nya. Padahal, perusahaan lain, seperti Samsung dan Xiaomi, sudah beralih ke layar dengan teknologi baru, OLED.

Meski pengguna tidak akan terlalu menyadari perbedaan di antara keduanya, layar OLED dikatakan lebih baik. OLED mampu memproduksi warna yang lebih baik dan meningkatkan kontras. Layar jenis ini pun diklaim lebih hemat daya.

Apple memang harus mengubah desain iPhone. Pasalnya, iPhone terbaru saat ini, iPhone 7, masih menggunakan model desain iPhone 6 yang notabene dirilis dua tahun lalu. Apple diharuskan menghadirkan desain dan teknologi baru agar tidak ketinggalan dari kompetitornya, yakni smartphone-smartphone berbasis Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com