Film dan Software Bajakan Makin Sulit "Di-googling"

Kompas.com - 29/11/2016, 16:21 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Belakangan ini, sangat sulit untuk menemukan tautan ke konten yang melanggar hak cipta, seperti film dan software bajakan, di mesin pencari Google. Pasalnya, raksasa internet itu menyatakan sudah menghapus ratusan juta link tersebut.   

Dalam laporan Transparency Report, Google mengaku mendapatkan permintaan untuk menghapus tautan ke konten bajakan sebanyak 1.007.741.143. Permintaan tersebut datang dari perusahaan pemilik hak cipta.

Meski demikian, Google tidak memenuhi semua permintaan tersebut. Google hanya mengabulkan sekitar 90 persen, atau sebanyak 908.237.861, dari permintaan tersebut.

Sisa tautan yang dilaporkan, sebagaimana KompasTekno rangkum dari TorrentFreak, Selasa (29/11/2016), permintaan ditolak karena tidak bisa dibuka, tidak melanggar hak cipta, atau hanya merupakan duplikasi dari permintaan sebelumnya.

Secara total, Google telah memproses lebih dari 2 miliar tautan yang diduga melanggar hak cipta. Sekitar dua miliar tautan tersebut datang dari 945.000 domain yang berbeda.

Kebanyakan permintaan penghapusan ditujukan kepada situs berbagi file 4shared.com. Meski begitu, pihak pengelola situs tersebut menyatakan bahwa URL yang dilaporkan kebanyakan hanya berupa duplikasi belaka.

Berdasarkan hukum Digital Millennium Copyright Act (DCMA) di AS, sebuah perusahaan memang berhak meminta untuk penghapusan konten atau tautan yang mengandung pelanggaran hak cipta. Perusahaan yang diminta untuk menghapus wajib untuk melakukan penyelidikan dan menghapus konten yang dipastikan berisi konten bajakan.

Dalam beberapa tahun belakangan, permintaan penghapusan tautan tersebut dikatakan meningkat drastis. Buktinya, Hanya dalam hitungan 12 bulan tadi, sudah ada sekitar 1 miliar link yang dilaporkan. Padahal, sebelumnya dibutuhkan beberapa tahun untuk mencapai angka 1 miliar permintaan.

Apakah ini pertanda bahwa tautan bajakan akan menghilang dari internet?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.