Orang India Bisa Jual Wi-Fi Eceran Berkat Facebook

Kompas.com - 30/11/2016, 06:49 WIB
Facebook uji coba sematkan iklan di Groups TechcrunchFacebook uji coba sematkan iklan di Groups
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Wirausaha atau pengusaha lokal India kini bisa berjualan WiFi secara eceran dengan mengikuti program inisiatif internet dari Facebook. Inisiatif tersebut adalah Express Wi-Fi, program internet untuk semua dari Facebook yang telah diuji coba sejak Agustus lalu.

Program ini bertujuan menghubungkan semua orang di muka bumi lewat internet dan platform media sosial, sekaligus memberdayakan pengusaha lokal.

Express Wi-Fi sebagaimana dilaporkan BBC dan dihimpun KompasTekno, Rabu (30/11/2016). resmi meluncur di India. Facebook berjanji akan mengekspansi program Express Wi-Fi itu ke negara-negara lain pada 2017 mendatang.

Secara sederhana, Express Wi-fi adalah software jaringan hotspot yang dipasang di daerah-daerah terpencil. Cara kerjanya melibatkan para penyelenggara jasa internet alias ISP dan wirausahawan lokal.

Pertama, Facebook menjual software Express Wi-Fi ke pengusaha lokal dan ISP. Kedua, pengusaha lokal dan ISP akan memanfaatkan software itu untuk mengepul jaringan internet. Nah, jaringan itu yang kemudian dijual secara eceran untuk konsumen.

"Express Wi-Fi memberdayakan pengusaha lokal untuk meningkatkan kualitas akses internet, serta membuat penghasilan yang lumayan," begitu tertera pada situs Facebook.

Selama ini, beberapa kota di India teridentifikasi sebagai blank spot atau titik yang tak mendukung jaringan internet. Facebook berharap Express Wi-Fi bisa menggenjot penetrasi internet di sana. 

Baca: Ditolak Dunia, Internet.org Malah Laris di Indonesia

Pengguna cukup bertandang ke tempat-tempat publik yang populer, lalu mencari akses Express Wi-Fi. Sebelum mulai berselancar di internet dengan jaringan Wi-Fi Facebook, pengguna harus membayar dengan nominal tertentu ke pihak pengusaha lokal atau ISP yang bermitra dengan Facebook.

Sebelumnya, inisiatif Facebook terkait penyebaran internet dinamai Free Basics dan Internet.org. Keduanya diblokir di India karena dianggap menyerang aturan netralitas internet.

Pasalnya, Free Basics dan Internet.org cuma bisa dipakai untuk mengakses situs tertentu. Pengguna seakan diberi batasan untuk tak melihat kontean A dan terus-menerus memperhatikan konten B.

Baca: Facebook Cabut Internet Gratis dari India

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.